Breaking News:

Berita Kota Jambi

Prediksi Cuaca Seminggu ke Depan, Jambi Masih Berpotensi Cuaca Ekstrem

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi memprediksi cuaca di wilayah Provinsi Jambi secara umum akan berpotensi hujan. 

pixabay.com
Ilustrasi cuaca ekstrem 


TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi memprediksi cuaca di wilayah Provinsi Jambi secara umum akan berpotensi hujan. 

Diperkirakan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi pada siang atau sore dan malam atau dini hari. Informasi ini disampaikan oleh Ibnu Sulistiono Kepala BMKG Jambi pada Senin (19/4/2021). 

"Kemudian di Jambi masih ada potensi cuaca ekstrem hingga seminggu kedepan. Terlebih lagi saat ini merupakan periode peralihan musim dari musim penghujan ke musim kemarau," ungkapnya. 

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai potensi akan adanya banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang. 

"Perlu mewaspadai akan adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada siang atau sore, dan malam menjelang dini hari di hampir seluruh wilayah Provinsi Jambi, " terangnya. 

"Serta kemungkinan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, longsor, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang," tambahnya. 

Ibnu memprediksi potensi cuaca ekstrem ini akan menurun seiring dengan tibanya awal musim kemarau nanti. 

"Untuk prakiraan musim kemarau tahun ini diprediksikan sifat hujannya bawah normal hingga normal. Untuk wilayah-wilayah dengan tutupan lahan gambut, ketika musim kemarau dengan sifat hujan cenderung dibawah normal," paparnya. 

Sehingga ia mengatakan, perlu diwaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan dan berkurangnya air bersih. 

"Awal musim kemarau di wilayah Provinsi Jambi secara umum diprediksikan terjadi pada dasarian I dan II Juni 2021," bebernya. 

Namun ia menjelaskan, terkecuali sebagian wilayah Kerinci, Bungo, Tebo dan sebagian wilayah Tanjab Barat.

"Wilayah tadi diprediksikan lebih awal yaitu pada dasarian I dan dasarian III Mei 2021," tutupnya. 

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Baca berita lain terkait BMKG Jambi

Baca juga: Ngaku Jadi Dukun, Pria Ini Cabuli 3 Gadis di Kamar dengan Modus Cabut Jarum Santet

Baca juga: Melisa Tuding Perawat Christina Tidak Profesional, Ketua Persatuan Perawat Sumsel: Tidak Mungkin

Baca juga: Halte Trans Siginjai Hadir di Dalam Bandara Sultan Thaha Jambi

Penulis: Monang Widyoko
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved