Breaking News:

Berita Kota Jambi

VIDEO Inilah Besaran Zakat Fitrah Untuk Kota Jambi dan Batanghari Ramadan 2021

Memasuki hari ke tiga bulan Suci Ramadan, baru dua daerah di Provinsi Jambi yang sudah menetapkan besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Memasuki hari ke tiga bulan Suci Ramadan, baru dua daerah di Provinsi Jambi yang sudah menetapkan besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan oleh kaum muslim di wilayahnya tahun ini.

Kedua daerah tersebut adalah Kota Jambi dan Kabupaten Batanghari.

Untuk Kota Jambi pemerintah daerah bersama Kementrian agama dan MUI setempat menetapkan besaran zakat fitrah untuk beras kualitas tertinggi senilai Rp41.600, kualitas sedang Rp38.400, dan kualitas rendah Rp30.400.

"Itu rilis bersama untuk Kota Jambi berdasarkan hasil survei harga di pasaran," kata Plt Kasi Zakat Bidang Penais Zawa Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Ahmad Syafrizal, Jumat (16/4/2021).

Kemudian untuk Kabupaten Batanghari mereka menetapkan besaran zakat fitrah sebesar Rp57.000 untuk kualitas beras tertinggi, Rp46.000 untuk kulitas sedang dan Rp.38.000 untuk kualitas terendah. 

"Sejauh ini baru dua daerah ini yang merilis besaran zakat fitrah tahun ini. Kemungkinan semua Senin atau Selasa minggu depan semua daerah sudah merilis semua," katanya.

Untuk saat ini masyarakatpun sudah bisa membayarkan zakat fitrahnya, sebab membayar zakat fitrah sudah dibolehkan saat masuknya bulan Ramadhan. Namun waktu wajibnya adalah setelah terbenam matahari di hari akhir Ramadan hingga kahatib menaiki mimbar saat shalat Idul Fitri.

Diapun mengimbau kepada masyarakat di seluruh Provinsi Jambi khususnya di Kota Jambi agar tetap menjalankan protokol kesehatan pada saat penghimpunan dan pendistribusian zakat fitrah. 

"Mengingat kita masih dalam suasana pandemi covid-19, menjaga kesehatan dan keselamatan umat menjadi sangat penting untuk saat ini," pungkasnya.

Baca berita lain terkait zakat fitrah

Baca juga: Pertamina Extra Dropping di Merangin, Pastikan Stok LPG 3 Kg Aman Selama Ramadhan Hingga Idul Fitri

Baca juga: VIDEO Viral Pengantin Pria Peluk Wanita Saat di Pelaminan

Baca juga: Kisah Pria yang Hobi Merekam Rok Pendek, Saat Ditanya Mengaku Tes Kualitas Kamera

Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved