Breaking News:

Ramadan Mubarak

Sambosa Menu dari Timur Tengah, Kudapan Asik Untuk Berbuka

Di Bulan Ramadan paling asik menjadikan kudapan sebagai menu berbuka puasa, menjelang menyantap makanan berat.

Sambosa Menu dari Timur Tengah, Kudapan Asik Untuk Berbuka
TRIBUN JAMBI/YON RINALDI
Menu berbuka Sambosa

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Di Bulan Ramadan paling asik menjadikan kudapan sebagai menu berbuka puasa, menjelang menyantap makanan berat.

Satu menu kudapan yang perlu Tribunners coba adalah Sambosa, menu dari India dan Timur tengah ini menghadirkan cita rasa gurih di setiap gigitannya

Sepintas kudapan ini bentuknya seperti pastel karena mengusun bentuk segitiga dan sama-sama digoreng namun samosa teksturnya lebih crunchy.Selain itu, samosa juga lebih kaya bumbu rempah-rempah dan isian.

Sambosa memiliki dua jenis, sambosa India dan samosabosa Timur tengah atau Arab. Yang membedakanya adalah isian dari sambosa tersebut.

Sambosa India memiliki isian sayur-sayuran dengan menghadirkan potongan kentang dan wortel yang berlimpah, ditambah beraneka rempah-rempah khas India dan keju.

Sambosa Arab mengunakan isian daging, biasanya daging kambing muda yang dicampur dengan rempah-rempah seperti bumbu kare.

Baik sambosa India dan Arab mengunakan lumpia sebagai kulitnya.

Di Jambi, sambosa banyak dijumpai di kalangan masyarakat keturunan India dan Arab. Satu diantara penjual sambosa yang juga keturunan arab Gamar Faradella mengatakan menu ini sangat pas dijadikan takjil untuk berbuka puasa.

“Rasanya yang gurih dan tidak membuat kenyang, sangat pas sebagai menu berbuka sebelum menyantap hidangan berat,” ujarnya beberapa waktu yang lalu.

Gamar Fardella sendiri menjual Sambosanya secara online dengan memanfaatkan media sosial. Selain itu dia juga bekerja sama dengan grab dalam memasarkan produknya ini.

Di grab food, produk sambosa ini dapat dijumpai di akun kedai Husain.

Di Indonesia, Sambosa banyak di Jumpai di kawasan Sunan Ampel Surabaya.

Penulis: M Yon Rinaldi
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved