Breaking News:

Renungan Kristen

Renungan Harian Kristen - Nubuat yang Digenapi

Bacaan ayat: Lukas 24:44-45 (TB) - "Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan

ist
Ilustrasi renungan harian 

Nubuat yang Digenapi

Bacaan ayat: Lukas 24:44-45 (TB) - "Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."
Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci".

Oleh Pdt Feri Nugroho

Pdt Feri Nugroho
Pdt Feri Nugroho (Instagram @ferinugroho77)

Dalam Wikipedia, secara etimologi, Nubuat berasal dari bahasa Ibrani, נבצואח (nebuah) yang berarti prediksi, baik tertulis maupun lisan.

Dalam bahasa Inggris, kata prophecy (nabi: prophet) berasal dari bahasa Yunani, dari pro- "sebelum" ditambah akar kata dari phanai "mengatakan", menjadi "mengatakan sebelumnya" atau "meramalkan" (pernyataan).

Nubuat adalah kata umum untuk menegaskan akan pewahyuan Kehendak Ilahi.

Secara sederhana, Nubuat artinya menyatakan lebih dahulu peristiwa-peristiwa yang akan terjadi, biasanya melalui perantaraan seorang atau lebih nabi.

Sebaliknya, orang yang mendapat nubuatan dapat mengaku/diakui sebagai seorang nabi.

Baca juga: Renungan Harian Kristen - Membangun Relasi dengan Tuhan

Artinya, pengakuan akan seseorang bahwa ada kebenaran dalam dirinya, dan itu bersumber dari Allah, dapat dirangkaikan perjalanan kehidupannya dalam karya Allah; bukan sekedar pengakuan atau klaim, namun ada bukti bahwa apa yang dinyatakan dan terjadi adalah benar adanya.

Para murid Yesus perlu waktu kebersamaan dengan Yesus selama lebih kurang tiga tahun.

Halaman
123
Editor: Suci Rahayu PK
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved