Breaking News:

Cahaya Ramadan

Niat Sebagai Pondasi Ibadah Puasa

Kita sudah memasuki bulan suci Ramadan, bulan suci di mana Allah mewajibkan kita semua, orang-orang yang beriman, untuk melaksanakan ibadah puasa.

TRIBUN JAMBI/SAMSUL BAHRI
Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat yang juga dikenal sebagai Ustaz Anwar Sadat 

Oleh Drs. KH Anwar Sadat, MAg atau Ustaz Anwar Sadat, Bupati Tanjung Jabung Barat

Kita sudah memasuki bulan suci Ramadan yang mulia, bulan suci di mana Allah mewajibkan kita semua, orang-orang yang beriman, untuk melaksanakan ibadah puasa.

Dalam ayat Al-Qur'an jelas dinyatakan bahwa kewajiban melaksanakan puasa dibebankan oleh Allah kepada orang-orang yang beriman.

Orang-orang yang beriman dipanggil oleh Allah untuk melaksanakan ibadah puasa.

Oleh karena itu, tanpa terkecuali, mereka yang sudah terbebani oleh syarak untuk dapat melaksanakan ibadah puasa, sebagaimana yang dituntun oleh Rasulullah saw.

Namun demikian, bagi kita umat Islam, dalam rangka untuk melaksanakan ibadah puasa ini mesti memiliki fundamen, fondasi yang kuat. Fondasi yang kuat adalah niat dalam melaksanakan ibadah puasa.

Rasulullah sering menyebutnya dengan tahsinunniyah (memperbaiki niat). Karena dari niat itulah, maka hasil dari sesuatu yang dilakukan akan terlihat.

Rasulullah bersabda: innamal a'maalu bin niyah (hanya saja sahnya amal itu dengan niat).

Dengan niat itulah ukuran seseorang dalam melaksanakan ibadah. Kiranya, kita semua umat Islam, terutama bagi orang yang beriman kepada Allah swt, meluruskan niat kita, memperbaiki niat kita untuk melaksanakan ibadah puasa.

Melaksanakan ibadah puasa bukan sekadar karena malu dengan tetangga, orang tua malu kepada anak, kakek dan nenek malu pada cucu, seorang guru malu dengan muridnya, seorang pemimpin malu dengan rakyatnya.

Halaman
12
Editor: Deddy Rachmawan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved