Breaking News:

Berita Muarojambi

Di Balik Tinggi Tembok Penjara di Muarojambi Tersimpan SDM yang Bisa Bersaing di Dunia Industri

Di balik tingginya tembok penjara yang selama ini memiliki kesan negatif dan menakutkan, ternyata mampu memberdayakan sumber daya manusia

(tribun jambi.com/ Hasbi Sabirin)
Dibalik Tinggi Tembok Penjara Lapas Perempuan Muarojambi, Ternyata Menyimpan SDM yang Bisa Bersaing di Dunia Industri 


TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Di balik tingginya tembok penjara yang selama ini memiliki kesan negatif dan menakutkan, ternyata mampu memberdayakan sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam dunia industri.

Lihat saja, Lembaga Pemasyarakatan (LP) Perempuan kelas IIB satu-satunya di Provinsi Jambi yang terletak di Desa Bukit Baling Kecamatan Sekernan Kabupaten Muarojambi mampu melakukan pembinaan kegiatan positif dan produktif terhadap penghuninya.

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Jambi Tria Agustin melalui Ka KPLP nya Yuli Wirdina mengatakan hingga hari ini asumsi masyarakat diluar mungkin masih menduga yang masuk ke penjara pasti masa depannya dan hidupnya menjadi hancur berkeping-keping.

Namun, disamping para narapidana yang sedang menjalani masa hukumannya  sudah pasti mendapatkan pembinaan dan melakukan kegiatan yang positif dan produktif.

Di balik Tinggi Tembok Penjara Lapas Perempuan Muarojambi, Ternyata Menyimpan SDM yang Bisa Bersaing di Dunia Industri
Di balik Tinggi Tembok Penjara Lapas Perempuan Muarojambi, Ternyata Menyimpan SDM yang Bisa Bersaing di Dunia Industri ((tribun jambi.com/ Hasbi Sabirin))

Salah satunya kegiatan pembuatan batik, pembuatan masker, beternak, berkebun, bahkan sampai saat ini sudah ada yang kebanjiran order dari karya-karya produk olahan nya, salah satunya adalah produksi kue kering untuk hari Raya Idulfitri.

"Memasuki awal bulan puasa ramadhan ini sudah ada 40 orang yang pesan jenis kue kering buatan para binaan lapas tersebut, ada yang pesan skala besar dan juga yang pesan sesuai permintaan,"kata Yuli.

Selain membuat kue kering mereka juga membuat berbagai menu takjil dan lauk pauk untuk berbuka puasa yang akan dipasarkan didalam lapas itu sendiri.

"Tak heran menu buka puasa yang mereka buatkan selalu habis dibeli oleh pegawai lapas kita,setiap hari menunya selalu berubah rubah dan orang luar pun sering pesan menu buka puasa tersebut,"ungkapnya.

Ia mengatakan, program pembinaan terhadap warga binaan lapas ini sudah lama mereka lakukan, gunanya agar selepas masa hukumannya mereka keluar sudah memiliki keahlian dan bisa produktif.

"Tidak hanya berlatih dan bekerja, mereka pun nanti akan mendapatkan sertifikat, dengan harapan setelah keluar mereka bisa bersaing di bidang olahan industri,"tutupnya.

(Tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)

Baca berita lain terkait Muarojambi

Baca juga: Nostalgia dengan Gem Rose, Camilan Lebaran Legendaris yang Khas dengan Kembang Gula Warna-warninya

Baca juga: BREAKING NEWS Hujan Deras, Satu Atap Rumah Warga di Bungo Terbang

Baca juga: Kue Bangkit Khas Jambi, Kue Kering Ini Sering Muncul Saat Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved