Breaking News:

Mutiara Ramadan

Ramadan Adalah Perjumpaan

Mayoritas umat Islam pasti menolak informasi sembrono tersebut dan menolak tiga konsep mulia Islam dihubungkan dengan tindakan aniaya diri sendiri

Editor: Deddy Rachmawan
TRIBUN JAMBI/IST
Arfan Aziz, M.Soc.Sc., Ph.D Dosen di Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi 

Selain masih dalam suasana pandemi, Ramadan 1442 Hijriah ini diliputi dua peristiwa duka.

Pertama adalah musibah yang dialami saudara-saudara kita di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat yang pada akhir Maret lalu diterjang Badai Siklon Seroja.

Kedua, tindakan yang dilakukan dua anak muda di dua tempat berbeda, satu tempat ibadah umat Nasrani di Makassar dan satu lagi di Kantor Polisi di Jakarta, yang menuai keprihatinan mendalam dan menciderai kedamaian yang ada di negara tercinta ini.

Kita semua pasti mendoakan segera pulihnya suasana psikologis masyarakat NTT dan NTB pascamusibah badai siklon, berharap segera terjadinya revitalisasi semua fasilitas umum dan pribadi masyarakat yang terdampak di dua provinsi tersebut.

Pada saat sama, kita juga pasti mendukung semua usaha deradikalisasi, apalagi terhadap kaum muda yang akan memikul tanggungjawab sejarah Republik ini.

Anak muda yang akan menjadi tulang punggung kemaslahatan bangsa, negara dan agama pada masa yang akan datang.

Pembangunan kesadaran deradikalisasi penting sekali, karena istilah intoleransi, radikalisme dan terorisme menjadi semakin akrab dengan masyarakat.

Media mendekatkannya. Suka atau tidak suka, istilah-istilah itu didampingi pula dengan konsep-konsep mulia Islam yang mengalami peyorasi atau pendangkalan makna dan tafsirnya tercemar akibat tindakan kekerasan di lapangan oleh penganut paham kekerasan, seperti konsep jihad, tauhid dan amaliyah.

Padahal, sungguh tiga konsep ini adalah konsep mulia, karena Islam mengajarkan kemuliaan, bukan aniaya.

Sebagian kecil, saya yakin kecil sekali, ada pula mungkin yang percaya berita palsu dari akun-akun palsu medsos, bahwa bunuh diri teror itu drama dan atau konspirasi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved