Breaking News:

Berita Kota Jambi

Program TORA 1 Juta M² Lebih Kawasan Hutan di Muarojambi Diserahkan Kepada Masyarakat

Penyerahan sertifikat tanah diserahkan secara simbolis oleh Pj Gubernur bersama Kakanwil BPN Provinsi Jambi Senin (12/4/2021).

TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI AZIS
Penyerahan secara simbolis sertifikat tanah program Tora kepada masyarakat penerima 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kurang lebih seluas 1.096.453 Meter Persegi (M²) kawasan hutan di Kabupaten Muarojambi dilepas dan diserahkan kepemilikanya kepada masyarakat sebagai inplementasi program tanah objek reforma agraria (Tora) di Provinsi Jambi.

Kawasan hutan lahan Tora tersebut diterima oleh sebayak 127 masyarakat di Desa Tanjung Lanjut Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. 

Penyerahan sertifikat tanah diserahkan secara simbolis oleh Pj Gubernur bersama Kakanwil BPN Provinsi Jambi Senin (12/4/2021).

"Hari ini merupakan pencapaian yang sangat baik, setelah puluhan tahun masyarakat tinggal di dalam kawasan hutan, akhirnya bisa mendapat kepastian hukum atas tanah yang menjadi tempat tinggalnya," kata Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni.

Wanita yang akrab dipanggil Bu Nunung menambahkan, meskipun tidak banyak sertifikat tanah yang bisa diberikan kepada masyarakat. Tetapi ini suatu upaya dari BPN didukung oleh tim reforma agraria Provinsi Jambi.

"Karena pelepasan tanah kawasan hutan ini tidak lah mudah. Saya juga pernah mengalami, dan ini suatu prestasi menurut saya yang sangat bagus untuk memberikan aset namanya sertifikat kepada rakyat yang nantinya sertifikat itu bisa digaransikan di Bank untuk modal mereka," kata Bu Nunung.

Endingnya lanjut Pj Gubernur, negara hadir memberikan aset kemudian aksesnya diberikan oleh teman-teman Pemprov maupun Pemkab. 

"Supaya yang diberikan oleh teman-teman BPN ini tidak mubazir. Kalau sekedar sertifikat ditarok di rumah saja kan tidak bermanfaat. Tetapi kemudian bisa menjadi akses permodalan sehingga masyarakat bisa meningkatkan incom nya," pungkasnya.

Baca berita lain terkait Kota Jambi

Baca juga: Sang Pria Tak Lagi Cinta dan Cemburu, Wanita Cantik Ini Siram Istri Selingkuhannya dengan Air Keras

Baca juga: Wujudkan Pelayanan Prima, Imigrasi Jambi Gelar Pelatihan Pengembangan SDM

Baca juga: Apartemen Mewah Jadi Saksi, Wanita Muda Sering Keluar Masuk Bikin Warga Curiga, Ternyata Buat Begini

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved