Breaking News:

Khazanah Islami

Panduan Mengerjakan Sholat Tarawih Berjamaah dan Sendirian Lengkap Dengan Doa

Simak panduan Sholat Tarawih sendiri di rumah, dimulai dari bacaan niat hingga doa-doa yang dianjurkan untuk dilafalkan.

ist
Masjid Terdalam di Dunia Ini Jadi Lokasi Tarawih Para Pekerja PT Freeport Indonesia,Capai 1700 Meter 

TRIBUNJAMBI.COM - Begini panduan Sholat Tarawih sendiri di rumah, dimulai dari bacaan niat hingga doa-doa yang dianjurkan untuk dilafalkan.

Simak panduan Tarawih sendiri di rumah menurut Dr.Marabona Munthe, M.E. Sy dalam artikel 'Tata Cara Sholat Tarawih di Rumah Berjamaah dan Sendiri-sendiri'.

Menurut Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah (halaman 43) bahwa Sholat Tarawih dikerjakan 8 rakaat.

Hal ini sejalan dengan hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a:

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam tidak pernah shalat lebih dari 11 rakaat baik di bulan Ramadhan atau di bulan lainnya. Beliau shalat 4 rakaat, jangan tanya mengenai bagusnya dan panjangnya, kemudian beliau shalat 4 rakaat, jangan tanya mengenai bagusnya dan panjangnya, kemudian beliau shalat 3 rakaat.” (HR. Bukhari no. 2013, Muslim no. 837).

Dalam buku Panduan Ramadhan Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah terbitan Pustaka Muslim, disebutkan hukum Shoat Tarawih adalah sunah.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

Menurut Imam Nawawi, qiyam Ramadhan yang dimaksud dalam hadis di atas adalah Sholat Tarawih.

Untuk rakaatnya, ada yang berpendapat Sholat Tarawih dilaksanakan 11 rakaat atau 23 rakaat. Cara mengerjakannya 23 rakaat yang terdiri dari 20 rakaat Shalat Tarawih dan 3 rakaat witir.

Sebagian di antaranya juga mengerjakan 11 rakaat yang terdiri dari 8 rakaat shalat tarawih dan 3 rakaat witir.

Halaman
1234
Editor: Heri Prihartono
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved