Breaking News:

Berita Batanghari

Sungai Batanghari Berangsur Surut, Air yang Menggenangi Rumah Warga Mulai Berkurang

Air yang berangsur surut ini terpantau dari fluktuasi tinggi muka air dari alat pengukur ketinggian air (APKA) di Dermaga Muara Bulian, Minggu (4/4/20

ist
Puluhan Rumah di Batanghari Terendam Banjir, Warga Belum Dievakuasi, Masih Ingin Menetap 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Banjir yang merendam puluhan rumah warga di Batanghari beberapa waktu lalu, sudah berangsur-angsur surut.

Air yang berangsur surut ini terpantau dari fluktuasi tinggi muka air dari alat pengukur ketinggian air (APKA) di Dermaga Muara Bulian, Minggu (4/4/2021).

Anggota Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari, Ahmad Efendi mengatakan kondisi tinggi muka air beberapa hari terakhir ini sudah mulai berangsur surut.

Baca juga: Pantau Ketersediaan Pangan Jelang Ramadhan, Sudirman Sidak ke Pasar Angso Duo

Baca juga: Belasan Desa di Sarolangun Belum Tersentuh Jaringan

Baca juga: Kasus Pengrusakan Mobil Wartawan di Bungo, Polisi Lakukan Olah TKP

Hal demikian ditunjukka dari APKA di Dermaga Muara Bulian.

“Pada Sabtu pemantauan pukul 17.00 Wib tinggi muka air pada posisi 323 sentimeter,”

“Hari ini surut 24 sentimeter pada posisi 299 sentimeter dan tinggi muka air pada status waspada,” kata Ahmad Efendi selaku Anggota TRC BPBD Batanghari, Minggu (4/4/2021).

Per 31 Maret 2021 kemarin, akibat luapan Sungai Batanghari hasil monitoring Anggota TRC BPBD Batanghari di Kecamatan Muara Tembesi ada lima rumah yang terdampak, Muara Bulian ada 20 rumah dan Kecamatan Maro Sebo Ulu ada tiga rumah yang terdampak.

“Saat ini air sudah mulai berkurang menggenangi rumah warga. Begitupun dengan debit air di Sungai Batanghari, sudah berangsur kembali normal,” ujar Efendi.

Meski demikian di Batanghari ada tujuh kecamatan yang rawan terkena banjir, kecuali Kecamatan Bajubang dan sejauh ini berdasarkan pantauan air hanya merendam di perkarangan rumah saja.

“Terutama di halaman rumah warga, akses jalan menuju perkebunan, jalan lingkungan dan sektor pertanian,”

“Saya imbau kepada masyarakat Batanghari untuk selalu waspada dan siaga atas perubahan cuaca yang terjadi saat ini tak menentu,” pungkasnya.

Penulis: A Musawira
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved