Breaking News:

Berita Sungaipenuh

Manjakan Pencari Keadilan, PA Sungai Penuh Sediakan Ruang Tunggu Syariah

Ruang tunggu syariah yang digagas Ketua PA Sungai Penuh, Asrori Amin ini, pada dasarnya adalah pemisahan ruang tunggu sidang bagi kaum laki-laki dan p

tribunjambi/mareza sutan aj
Ilustrasi. Pengadilan Agama Jambi 

 

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Geliat penggunaan istilah syariah sedang menjadi booming di negara ini, banyak muncul Bank Syariah, Hotel Syariah, Café Syariah. Hal ini mengilhami Pengadilan Agama (PA) Sungai Penuh untuk membuat ruang tunggu syariah. 

Ruang tunggu syariah yang digagas Ketua PA Sungai Penuh, Asrori Amin ini, pada dasarnya adalah pemisahan ruang tunggu sidang bagi kaum laki-laki dan perempuan. Di PA Sungai Penuh ruang tunggu sidang bagi laki-laki berada di luar sedangkan ruang tunggu sidang  khusus perempuan berada di dalam kantor. 

"Teknisnya petugas piket sidang yang mendata peserta sidang akan langsung mengarahkan ruang tunggu bagi laki-laki dan perempuan sesuai dengan ruang tunggunya," ungkap Asrori. 

Katanya, pemisahan ruang tunggu sidang bagi laki-laki dan perempuan dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi kaum perempuan yang menghadiri persidangan. Serta menghindari potensi perselisihan verbal antara Penggugat dan Tergugat atau Pemohon dan Termohon. 

Tentu ini merupakan satu inovasi dari PA Sungai Penuh dalam rangka menciptakan rasa aman dan nyaman para pihak pencari keadilan. 

"Hal ini juga sesuai dengan instruksi Ketua Mahkamah Agung serta Dirjen Badilag agar Peradilan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pencari keadilan," ujarnya

Ketua PA Sungai Penuh, Asrori Amin berharap PA Sungai Penuh mampu memberi kenyamanan bagi semua pencari keadilan yang berkunjung ke Pengadilan Agama Paling Barat di Provinsi Jambi.

Noprizal selaku panitera muda permohonan menambahkan, ruang tunggu syari'ah dalam rangka menjamin keamanan para pihak yang berperkara. Sebab rentan terjadinya perselisihan antara pihak pencari keadilan. 

"Jadi dibuatlah ruang tunggu syariah yang memisahkan antara laki-laki dan perempuan, sampai saat ini pencari keadilan sangat merasakan nyaman dengan layanan ruang tunggu syariah," pungkasnya.(*)'

Baca berita lain terkait Sungaipenuh

Baca juga: Peringati Yesus Mati di Kayu Salib, Romo: Yesus Menderita Demi Dosa Umat Manusia 

Baca juga: Posisi Ketua DPRD Tanjabbar Masih Ditunggu oleh Kandidat

Baca juga: UCAPAN Menohok Amanda Manopo Sebut Hubungan Billy Syahputra dan Memes Gimmick, Kesal dengan Mantan?

Penulis: Herupitra
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved