Breaking News:

Berita Batanghari

Antisipasi Lonjakan Harga, Diskoperindag Batanghari Awasi Distribusi Bahan Pokok Jelang Ramadhan

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Batanghari mengantisipasi kenaikan harga yang signifikan terhadap bahan pokok

tribunjambi/musawira
Pedagang cabai di satu pasar yang ada di Batanghari. Antisipasi Lonjakan Harga, Diskoperindag Batanghari Awasi Distribusi Bahan Pokok Jelang Ramadhan 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Musawira

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan, fluktuasi harga bahan pokok dan bahan penting di pasar sangat lumrah terjadi.

Untuk mengetahui penyebabnya, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Batanghari mengantisipasi kenaikan harga yang signifikan terhadap bahan pokok tersebut.

Kepala Bidang Perdagangan, Feriyanto mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap harga yang ada di pasar.

Untuk menjaga kestabilan harga menjelang Ramadhan, Diskoperindag Batanghari mengawasi distribusi agar bisa lancar masuk ke pasar-pasar yang ada di Kabupaten Batanghari.

“Faktor penyebab kenaikan harga sembako itu disebabkan terhambatnya distribusi barangnya, namun ada juga kebutuhan pokok menipis namun yang mencari banyak. Itu yang kita temui dilapangan,” katanya, Jumat (26/3/2021).

Ia mengatakan, kalau memang ada terjadi kenaikan harga, pihaknya akan menelusuri apa penyebab-penyebab dari kenaikan harga itu.

“Seandainya terjadi penyendatan, maka petugas akan mencari informasi ke tempat awalnya, apa penyebab dari kenaikan harga ini, apakah terjadi gagal panen? atau terjadi banjir? atau juga transportasinya yang bermasalah terhadap pendistribusian bahan pangan tersebut,” ungkapnya.

DAFTAR Desa dan Kelurahan di Tanjab Barat Yang Akan Dilalui Jalur Tol Jambi-Rengat

Tiga Pencuri Pakan Ayam di Limbur Tembesi Ditangkap Polisi, Pelaku Beraki Malam Hari

Perwira Polwan Malang Salah Gerebek Kolonel TNI AD di Hotel, Nasibnya Jadi Begini

Kebutuhan pangan yang sering naik lebih ke bahan sembako sehari-hari misalnya beras, minyak, gula, cabai, bawang dan bumbu-bumbu penyedap rasa.

“Sering juga terjadi pada ayam, dan daging itu yang menjadi catatan utama pengawasan terhadap harga-harga di pasar, namun untuk sayuran masih stabil, seperti bawang Rp 30 dan Cabai merah Rp 50 dan hingga saat ini stoknya masih banyak,” pungkasnya.

Pedagang di satu pasar yang ada di Batanghari. Antisipasi Lonjakan Harga, Diskoperindag Batanghari Awasi Distribusi Bahan Pokok Jelang Ramadhan

Penulis: A Musawira
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved