Breaking News:

Berita Bungo

Saksi di Sidang PETI yang Jerat Tiga Warga Bungo Ungkap Nama Pemodal

Dalam dakwaan, Kasi Pisum menyebutkan selain disebutkan nama-nama satu pemodal dan dua orang sebagai penyedia..

Darwin sijabat
Sidang kedua kasus PETI yang berlangsung secara online dengan terdakwa M Ikhsan (45), Benny Noven (41) dan Ghufron (38) ini dengan agenda pemeriksaan saksi pada Rabu (24/3/2021) kemarin. 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Dua saksi di sidang kasus Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang menjerat tiga warga Bungo mengungkapkan yang terlibat.

Sidang kedua kasus PETI yang berlangsung secara online dengan terdakwa M Ikhsan (45), Benny Noven (41) dan Ghufron (38) ini dengan agenda pemeriksaan saksi pada Rabu (24/3/2021) kemarin. 

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Merangin, Mohamad Fajrin mengatakan sidang pemeriksaan saksi hari ini ada empat orang yang dipanggil.

“Cuma tadi yang hadir dua orang, sopir dump truck (Sopir dump truck yang membawa perangkat alat PETI) dan pemilik Trado (Mobil Trado yang membawa alat berat Eskavator saat diamankan,” kata Fajrin, Kamis (25/3/2021)

Fajrin menegaskan terdakwa dijerat Pasal 89 Ayat (1) Huruf a dan b Undang-undang nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan hutan.

Serta pasal 158 Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2020 perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba.

Dalam dakwaan, Kasi Pisum menyebutkan selain disebutkan nama-nama satu pemodal dan dua orang sebagai penyedia alat berat, saksi juga menyebutkan yang terlibat lainnya.

“Juga disebutkan peran dari lainnya ada sebagai yang mengaku sebagai pemilik lahan, sebagai operator alat berat dan sebagai yang menyuplai makanan dalam aktivitas pertambangan emas tanpa izin tersebut, akan kita panggil disidang berikutnya,” sebutnya. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Baca juga: 51 Persen Wilayah Kerinci Berfungsi Sebagai Paru-paru Dunia, Apa Kompensasi untuk Daerah?

Baca juga: Soal Pemeriksaan Randis, Pemkab Batanghari Siap Lelang Puluhan Kendaraan Roda 4 Tahun Ini

Baca juga: Partai Demokrat Pihak Moeldoko Sebut SBY dan AHY Membangun Narasi Menyesatkan

Penulis: Darwin Sijabat
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved