Breaking News:

Berita Kota Jambi

Kembali Lakukan Refocusing Kota Jambi Pangkas Anggaran 11 Persen

Adapun peruntukan dari recofusing DAU yang ada, dalam surat edaran tersebut mengatakan untuk prioritas penanganan Covid-19.


TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pandemi covid-19 belum berakhir, Dana Alokasi Umum (DAU) Pemerintah Kota Jambi dipotong sebesar 11 persen.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Anggaran Daerah (BPKAD) Kota Jambi, Husni mengatakan DAU Kota Jambi kurang lebih sebesar Rp 697 miliar harus dipangkas.

Menyusul Surat Edaran Kementerian Keuangan Nomor 2 Tahun 2021 yang mengharuskan pemkot melakukan pemangkasan DAU sebesar 8 persen.

“Dengan adanya surat edaran dari Kemenkeu nomor 2, harus dilaksanakan refocusing dana DAU, harus disesuaikan sebesar 8 persen untuk penanganan Covid-19, salah satunya untuk vaksinasi itu. Ini bentuk ketaatan Pemkot Kota Jambi,” katanya, Jumat (12/3/2021).

Tak hanya itu, anggaran DAU tersebut harus dikurangi lagi sebesar 3 persen. Hal ini menyusul dengan turunnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 117 Tahun 2021.

"Jadi DAU kita sebesar kurang lebih Rp 697 miliar tadi dipangkas 3 persen atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 117 Tahun 2021. Sehingga menjadi kurang lebih Rp 675 miliar, dipotong sekitar Rp 22 miliar," ujarnya.

Dari angka Rp 675 miliar tadi akan dilakukan refocusing sebesar 8 persen, yakni besaran recofusing sekitar Rp 54 miliar.

"Jadi DAU menyisakan sekitar Rp 621 miliar," jelasnya.

Sementara itu dirinya menyatakan, proses recofusing sedang berada pada tahap proses.

"Masih dalam proses. Sedang didiskusikan dengan Pak Sekda, target kami Maret ini," tambahnya.

Adapun peruntukan dari recofusing DAU yang ada, dalam surat edaran tersebut mengatakan untuk prioritas penanganan Covid-19.

"Seperti untuk pelaksanaan vaksin, pemantauan dan penanggualan pasca Covid-19, distribusi pengamanan dan penyediaan penyimpanan vaksin, dan insentif nakes," terangnya.

Husni juga menjelaskan, pihaknya telah meminta Dinas Kesehatan Kota Jambi untuk menyusun anggaran yang mereka perlukan dalam penanganan Covid-19.

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Baca juga: Jadwal Acara TV 13 Maret 2021, Ikatan Cinta Jam 19.30 WIB

Baca juga: 2020 Anggaran Covid-19 di Muarojambi Terealisasi 42 Miliar, 2021 Dinkes dan Dinsos Dapat Dana Minim

Baca juga: Alasan Strategis Pj Gubernur Jambi yang Baru Wajibkan Hari Jumat dan Kamis ASN Pakai Batik Jambi

Penulis: Monang Widyoko
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved