Breaking News:

Tuntut Kejelasan ITR, APRI Tebo Datangi Kantor DPRD

Puluhan Anggota Asosisasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) Kabupaten Tebo, Senin (8/2) siang mendatangi Kantor DPRD Tebo.

Tuntut Kejelasan ITR, APRI Tebo Datangi Kantor DPRD
Hendro sandi
Puluhan anggota APRI Tebo datangi kantor DPRD Tebo, Senin (8/2/2021)

TRIBUNJAMBI.COM, MUARATEBO - Puluhan Anggota Asosisasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) Kabupaten Tebo, Senin (8/2) siang mendatangi Kantor DPRD Tebo.

Kedatangan mereka untuk mempertanyakan terkait Izin Penambangan Rakyat (IPR) di Kabupaten Tebo.

Ketua APRI DPC Tebo, Apriansyah mengatakan permintaan yang paling utama dalam pertemuan itu adalah mendorong agar DPRD Tebo memasukan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR), ke resivi RT/RW tentang daerah industri.

"Kami pada dasarnya meminta petunjuk ke dewan, karena rakyat ini bukan tidak mau legal soal pertambangan, tapi bagainana mau legal kalau wilayah pertambangan tidak ada," kata Apriansyah.

"Maka dari itu kami mendorong agar dewan membuat perda inisiatif terkait izin pertambangan rakyat, untuk memasukan wilayah pertambangan rakyat ke RT/RW perubahan," tambahnya.

Langkah ini juga, lanjut Apriansyah sebagai bentuk untuk menjadikan pertambangan di Tebo memiliki PAD ke pemerintah.

Ketua DPRD Tebo, Mazlan mengaku sudah menerima dan sepakat, adanya usulan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) di Kabupaten Tebo. Hal tersebut juga menurutnya untuk mendorong pertambangan menjadi legal dan memiliki PAD.

"Sudah disepakati tadi, DPRD setuju dan mendorong keinginan APRI. Yakni membuat perencanaan penataan ruang pertambangan rakyat," kata Mazlan, Kamis (8/2).

Mazlan mengaku, pihaknya sepakat melakukan pengusulan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), di Tebo. Dia pun mengaku akan melakukan inisiasi Perda pertambangan rakyat.

"Dalam waktu dekat kami akan koordinasi dengan Pemkab Tebo menyikapi usulan ini,, apalagi ada kaitannya dengan PAD," pungkasnya.

Penulis: HR Hendro Sandi
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved