Breaking News:

WIKIJAMBI

Daftar Lokasi Kampus Unja di 9 Kawasan, dan Daftar Lengkap Fakultas di Universitas Jambi

9. Unja Pondok Meja Kampus Unja Pondok Meja terletak di Perbatasan Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi...

Mareza
Kampus Unja Mendalo 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Universitas Jambi merupakan satu di antara universitas negeri bergensi yang ada di Provinsi Jambi. Kampus ini mulai dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP nomor 25 tahun 1963.
Sejak diresmikan pada 1 April 1963, Universitas Jambi kini telah memiliki 13 fakultas, yakni Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknik, dan Fakultas Keolahragan. Selain itu, Universitas Jambi juga memiliki program Pascasarjana. Total keseluruhan program studi aktif yang dilayani adalah 82 program studi yang terdiri atas 4 program studi jenjang S3, 19 program studi jenjang S2, 49 program studi jenjang S1, 2 program studi jenjang D4 dan 8 program studi jenjang D3.
Kampus pusatnya terletak di Jalan Lintas Sumatera Jl. Jambi-Muara Bulian Km 15, Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi, Jambi (36122). 
Saat ini, terdapat sembilan kampus Universitas Jambi. Berikut daftar kampusnya:
1. Unja Mendalo
Unja Mendalo atau Kampus pinang masak merupakan kampus utama Universitas Jambi saat ini. Kampus ini terletak di Jalan Lintas Sumatera Jl. Jambi-Muara Bulian Km. 15, Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi, Jambi (36122).
Kampus ini meliputi areal seluas 100,1 hektare.
Unja Mendalo tidak saja terdiri dari bangunan atau gedung perkantoran atau perkuliahan, melainkan juga kawasan hutan dan kebun-kebun yang dapat digunakan mahasiswa mau pun akademisi untuk melakukan penelitian. Disinilah penyelenggaran  pendidikan semua fakultas pada umumnya dilaksanakan yang dimulai sejak tahun 1986.

2. Unja Telanaipura
Kampus Unja Telanaipura, meliputi areal seluas 11,9 hektare yang terdiri dari bangunan-bangunan tempat penyelenggaraan perkuliahan, laboratorium, aula dan perumahan dosen dan pejabat Universitas Jambi.
Kampus yang berjaya pada tahun 1970-an ini terletak di Kecamatan Telanaipura, tidak jauh dari kawasan perkantoran Provinsi Jambi.
Karena lokasinya, kampus ini lebih dikenal dengan sebutan Kampus Unja Telanaipura. Saat ini, Unja Telanaipura digunakan untuk penyelenggaraan program Non Reguler dan pascasarjana.

3. Unja Pasar
Kampus Unja Pasar ini merupakan kampus Universitas Jambi yang tertua yang terdiri dari  areal seluas 0,72 Ha dengan bangunan-bangunan tua yang bergaya klasik yang konon menjadi peninggalan Belanda. Letaknya di Jalan Raden Mattaher Kecamatan Pasar Jambi, Kota Jambi.
Karena berada di sekitar kawasan pasar, masyakarat lebih mengenalnya dengan sebutan Kampus Unja Pasar. Saat ini digunakan sebagai tempat pengelola proyek Pengembangan Perguruan Tinggi (P2T) dan penyelenggaraan Universitas Terbuka.

4. Unja Muara Sabak
Kampus Unja Muara Sabak terletak di Kelurahan Rano, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Kampus ini kini digunakan untuk penyelenggaraan Prodi Teknologi Hasil Perikanan (D3).

5. Unja Muara Bulian
Kampus ini digunakan untuk program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Prajabatan, yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Unja Muaro Bulian merupakan Kampus Unja terletak di Kota Muara Bulian, Kabupaten Batanghari.

6. Unja Sarolangun
Kampus Unja Sarolangun terletak di Kabupaten Sarolangun. Kampus ini baru diresmikan pada tanggal 16 April 2007 oleh Dirjen Dikti. Pendirian Kampus ini atas kerjasama antara Pemda Sarolangun dan Universitas Jambi.

7. Unja Buluran
Unja Buluran diperuntukkan menjadi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (FKIK UNJA). FKIK resmi berdiri pada tanggal 10 Oktober 2012 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Jambi Nomor 748/UN21/DT/2012 tentang Pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Pada tanggal 19 November 2012 pendirian FKIK UNJA diumumkan secara resmi oleh Rektor Universitas Jambi bersama Gubernur Jambi dengan dihadiri oleh civitas akademika FKIK UNJA, para dekanat di lingkungan Universitas Jambi, jajaran pimpinan Rumah Sakit Pendidikan RSUD Raden Mattaher dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi serta para stake holder . Selanjutnya, pada tanggal 26 Januari 2013 dibentuklah susunan organisasi FKIK UNJA yang disahkan oleh Surat Keputusan Rektor Nomor 21/UN21/KP/2013.

8. Unja Kuala Tungkal
Kampus Universitas Jambi Kuala Tungkal berdiri dan diresmikan pada tahun 2012. Kampus ini diresmikan oleh Rektor Unja yang menjabat saat itu, Prof Dr H Aulia Tasman, SE, MSc dudampingi Direktur Diksar Kemendiknas dan Bupati Tanjung Jabung Barat Drs H Usman Ermulan, MM  pada 28 Juni 2012.
Kampus ini merupakan hasil kerja sama Universitas Jambi dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

9. Unja Pondok Meja
Kampus Unja Pondok Meja terletak di Perbatasan Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi.
Di kawasan kampus ini ada tiga fakultas, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

Toko Oleh-oleh Bimbi di Jalan Sudirman Thehok Kota Jambi Terus Bertahan Meski Diguncang Pandemi

Tips Mahasiswi Cantik FH Unja, Cara Mendapat Nilai Bagus Meski Aktif Berkegiatan

Progres Vaksinasi di Provinsi Jambi Capai 48 Persen, Usia 60 Tahun ke Atas Dibolehkan

Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved