Breaking News:

Tribun Wiki

WIKIJAMBI Sejarah Universitas Jambi, Mulai Dikukuhkan Sejak 1963

Kampus pusatnya terletak di Jalan Lintas Sumatera Jalan Jambi-Muara Bulian Km 15, Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi, Jamb

istimewa
Universitas Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Universitas Jambi merupakan satu di antara universitas negeri bergensi yang terletak di Provinsi Jambi.

Kampus pusatnya terletak di Jalan Lintas Sumatera Jalan Jambi-Muara Bulian Km 15, Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muarojambi, Jambi (36122).

Kampus ini mulai dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP nomor 25 tahun 1963. Namun, tahukah Anda bagaimana proses pendirian kampus Universitas Jambi ini?

Friska S Purba, Mengurangi Limbah dengan Trifting hingga Tulisan Mental Healthy dan Feminisme

Merujuk ke laman resmi Universitas Jambi, unja.ac.id, cikal bakal pendirian Unja mulai dilakukan sejak 1960. Pada tahun 1960, berdiri Akademi Perniagaan Djambi. Akademi tersebut bernaung di bawah Jajasan Perguruan Tinggi Djambi.

Yayasan ini didirikan atas prakarsa tokoh-tokoh masyarakat dan Pemerintahan Jambi waktu itu dan diketuai oleh R Sudarsono yang menjabat sebagai Wali Kota Jambi waktu itu.

Pada tahun 1961, Akademi Perniagaan Djambi berubah menjadi Fakultas Ekonomi bersamaan dengan pendirian Fakultas Hukum. Keduanya berafiliasi ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Misteriusnya Anggota Satgas Rajawali Kompi Pemburu, Kopassus Marinir Infanteri Cekatan Mematikan

Berbekal dengan adanya dua Fakultas tersebut, tokoh-tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah Jambi memperjuangkan berdirinya sebuah perguruan tinggi di Jambi melalui Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri Jambi.

Dengan Keputusan Menteri PTIP Nomor 105 Tahun 1962 tanggal 15 Agustus 1962, dibentuklah Panitia Persiapan Pendirian Universitas Jambi.

Panitia ini diketuai oleh Kolonel M J Singedekane, yang pada waktu itu juga menjabat sebagai Gubernur Jambi.

VIDEO Viral Aksi Pemuda Dipengaruhi Narkoba Acungkan Pistol ke Polisi

Sebelum menjadi Universitas Jambi, kampus ini juga dikenal dengan nama Universitas Negeri Jambi.

Halaman
123
Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved