Breaking News:

Inspirasi Bisnis

Makin Pendek Makin Mahal, Bisnis Bonsai Kelapa Makin Diminati

Penghobi bonsai kelapa di Kota Jambi akhir-akhir ini makin banyak peminatnya. Selain unik, tanaman ini juga memiliki nilai jual menggiurkan.

Yon Rinaldi
Bonsai kelapa milik Reno 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Penghobi bonsai kelapa di Kota Jambi akhir-akhir ini makin banyak peminatnya. Selain unik, tanaman ini juga memiliki nilai jual menggiurkan.

Bonsai yang bisa dibuat dari berbagai jenis kelapa seperti kelapa gading, kelapa Wulung dan kelapa hijau ini, semakin unik dan pendek juga semakin mahal nilai jualnya.

Peluang bisnis ini dimanfaatkan dengan baik oleh Reno, berbekal pengetahuan tentang budidaya tanaman dan ketelatenan, Reno mulai memasarkan koleksi bonsainya di sosmed maupun outlet tempat dia berjualan yang beralamat di Jalan Adam Malik

Beringin Jambi, lebih tepatnya di dekat SPBU Beringin.

Reno mengatakan sebenarnya dia tidak menjual koleksi bonsainya, namun jika ada yang suka dan minat untuk membeli, kenapa tidak dijual.

"Selama harganya cocok, silakan beli," ujarnya kepada Tribun, Senin (18/1).

Uniknya koleksi bonsai Reno ini bisa dikatakan sangat artistik. Dia tidak hanya menampilkan keindahan dan keunikan bonsai tapi juga dipadu padankan dengan tanaman lain dan penggunaan media tempat yang ditata sedemikian rupa sehingga menghasilkan satu kesatuan yang artistik.

Tak jarang, agar bonsainya terlihat lebih indah dibuatkan miniatur rumah serta ditata sedemikian rupa sehingga membentuk panorama pedesaan yang sangat indah.

Selain itu, dia juga terkadang menggunakan tanaman lumut untuk memberikan kesan lebih alamiah, di setiap bonsai koleksinya.

Makanya tak jarang, koleksi bonsai milik Reno bisa ditawar sampai jutaan rupiah, walaupun ada juga yang dia lepas di harga ratusan ribu. Tergantung dari jenis dan bentuk bonsainya lagi.

Halaman
123
Penulis: M Yon Rinaldi
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved