Breaking News:

Cara Menanam Tanaman dengan Media Air, Wadah Gelap Membantu Mencegah Pembentukan Alga

Sama halnya menanam tanaman menggunakan media tanah, menanamnya menggunakan media tanam air pun dapat memberikannya kesuburan jika dirawat dengan baik

Editor: Nurlailis
SHUTTERSTOCK/denise1203
Ilustrasi menanam tanaman di dalam air. 

TRIBUNJAMBI.COM - Simak cara menanam dengan media air.

Ada berapa jenis tanaman yang bisa ditanam dengan media air.

Sama halnya menanam tanaman menggunakan media tanah, menanamnya menggunakan media tanam air pun dapat memberikannya kesuburan jika dirawat dengan baik dan benar.

Baca juga: Cara Meletakkan Tanaman Menurut FengShui, Tanaman Berwarna Merah dapat Menghasilkan Energi Positif

Baca juga: Rekomendasi Tanaman yang Bisa Dijadikan Kado, Ada Monstera dan Homalomena

Tanaman yang dirawat dengan media air lebih terlihat cantik karena diletakkan di vas bening sehingga dapat melihat langsung akarnya.

Dilansir dari Gardening Know How, Minggu (10/1/2021), menanam tanaman di air memungkinkan pengaturan yang lebih fleksibel dan hampir dapat dilakukan di hampir semua jenis wadah yang dapat menampung air.

Namun, kemungkinan menanam tanaman di air merupakan metode yang lebih lambat daripada penanaman berbasis tanah. Kelebihannya, menanam tanaman di air di dalam ruangan akan tetap subur untuk waktu yang lebih lama.

Sebagian besar jenis wadah kedap air dapat digunakan untuk meletakkan tanaman hias ini, kecuali bermaterial tembaga, kuningan atau timah.

Logam dapat menumbulkan korosi saat beraksi terhadap pupuk dan menyebabkan kerusakan tanaman. Selain itu, wadah gelap atau buram akan membantu mencegah pembentukan alga.

Ilustrasi menanam tanaman di dalam air.
Ilustrasi menanam tanaman di dalam air. (SHUTTERSTOCK/denise1203)

Setelah Anda memilih wadah atau pot tanaman yang sesuai, isi tiga perempatnya dengan busa bunga, Styrofoam yang hancur, kerikil, pasir, kelereng, manik-manik atau bahan serupa yang memicu imajinasi Anda.

Tambahkan sedikit bubuk atau sepotong kecil arang agar air tetap bersih dan berbau. Terakhir, campurkan ramuan encer air dan pupuk, dengan menggunakan pupuk yang larut dalam air dengan takaran seperempat.

Beberapa tanaman yang baik untuk "penanaman" air mungkin termasuk Cemara Cina (Aglaonemas) Dumbcane (Dieffenbachia) Philodendron Moses-in-a-cradle (Rhoeo) Pothos Wax tanaman Arrowhead Wandering Jew.

Cuci semua tanah sampai bersih dari akar tanaman dan potong daun atau batang yang membusuk atau mati. Tempatkan tanaman di dalam air atau larutan pupuk.

Ganti larutan nutrisi di taman air dalam ruangan setiap empat hingga enam minggu secara keseluruhan. Seperti disebutkan di atas, untuk menghambat pertumbuhan alga, gunakan wadah yang gelap atau buram.

Namun, jika ganggang menjadi masalah, ubah solusinya lebih sering.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Cara Menanam Tanaman dengan Media Air "

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved