Breaking News:

Kuliner Jambi

Tak Banyak Yang Tau, Si Joda Resap Ternyata Makanan Khas Jambi Lho!

kita harus tetap menjaga kue tradisional sebagai warisan leluhur dan identitas, terlebih makanan dan kue khas Jambi

Penulis: Vira Ramadhani | Editor: Rahimin
Tribunjambi/vira ramadhani
Joda Resap. Tak Banyak Yang Tau, Si Joda Resap Ternyata Makanan Khas Jambi Lho 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Telah banyak makanan atau kue modern yang menjadi kesukaan banyak orang. Maka dari itu, kita harus tetap menjaga kue tradisional sebagai warisan leluhur dan identitas, terlebih makanan dan kue khas Jambi.

Seperti yang dilakukan Lia, pembuat kue tradisional khas Jambi dengan nama brand pajoan khas Jambi. Ia menyampaikan ingin memperkenalkan makanan atau kue khas Jambi, seperi Joda Resap dan lainnya.

“Joda Resap ini kue tradisional khas Jambi, emang sepertinya belum banyak yang tau. Mangkanya saya ingin melestarikannya,” ucapnya kepada Tribunjambi.com, Minggu (3/01/2021).

Baca juga: Polres Muarojambi Siap Kawal dan Amankan Maklumat Kapolri, Soal Larangan Atribut FPI

Baca juga: 46 Orang Meninggal Dunia, Korban Lakalantas di Wilayah Polres Muarojambi

Baca juga: Edward Omar Sebut Puluhan Anggota FPI Terlibat Terorisme, Aziz Yanuar Langsung Bereaksi, Ini Katanya

Nama Jodah resap, kata “joda” yg artinya kue dalam bahasa Jambi. Sedangkan “resap” yang artinya meresap, maka dari itu berarti kue yang meresap.

Dikatakan Lia joda resap ini terbuat dari dari tepung terigu, cara memasaknya seperti kulit dadar gulung, namun ini dilipat, lalu kuahnya itu terbuat dari susu dan mentega.

“Walaupun kue ini tradisional, namun rasanya kekinian. Rasanya itu Manis, lembut cocok sekali dengan lidah anak muda sekarang. Sekarang joda resap ini saya beri toping keju,” ujarnya.

Joda Resap
Joda Resap (Tribunjambi/vira ramadhani)

Joda Resap ini hanya dibandrolnya dengan harga Rp 20 ribu perbox isi 12, dan untuk ketahanan makanan ini selama 24 jam.

Lia juga menjual kue khas Jambi lainnya yaitu Ipuk-ipuk. Ipuk-ipun ini terbuat dari tepung ketan yang didalamnya ada inti kelapa lalu tegenang kuahn santan yang gurih. Harganya hanya Rp 20 ribu perbox dengan isi 15, untuk ketahannya pun selama 24 jam.

Dan juga ada Ketan panggang srikayo, ketan yang dimasak dulu, lalu dipanggang dengan dibaluti daun pisang. Cara makannya ketan ini yaitu di cocol dengan srikayo.

Kue ini dibandrol dengan harga Rp 15 ribu per box yang berisi 5 ketan, ketahanan makanan ini cukup lama yaitu dua sampai tiga hari.

Baca juga: Edward Omar Sebut Puluhan Anggota FPI Terlibat Terorisme, Aziz Yanuar Langsung Bereaksi, Ini Katanya

Baca juga: Review Ikatan Cinta, Nino Menabrak Angga, Aldebaran Terus Ada Di Sisi Andin

Baca juga: Rocky Gerung Tantang Mahfud MD Tegur Jenderal Idham Aziz Gegara Maklumat Kapolri Soal FPI, Berani?

Lia juga menjual beragam kue lainnya yaitu kue lapis susu, putri kandis, engkak, pempek sambal, agar lapis, dengan ketahanan makanan lima sampai enam hari suhu ruang dan jika di kulkas bisa satu - dua bulan.

Jika ingin memesak Pajon Khas Jambi ini bisa langsung kerumah Lia yang beralamat Jalan Letkol Saman Idris Nomor 38 Kelurahan Sungai Putri, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi. Atau bisa memesan melalui Instagram
@kue_khasjambi_kakya. 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved