Breaking News:

Hasil Sinergi dan Kolaborasi TPKAD Pemprov, Kabupaten Kerinci, OJK & Bank Jambi Diganjar Award 2020

RAKORNAS  Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) tahun 2020 belum lama ini, yang dilakukan secara virtual dan dihadiri langsung Presiden

Penulis: Vira Ramadhani | Editor: Nani Rachmaini
ANTARA FOTO Via Tribun Timur
Presiden Jokowi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - RAKORNAS  Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) tahun 2020 belum lama ini, yang dilakukan secara virtual dan dihadiri langsung Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), Ketua Dewan Komisioner OJK, Menteri Perekonomian, Mendagri dan beberapa menteri lain. Melambungkan nama Jambi dikancah nasional.

Pasalnya Provinsi Jambi dan Kabupaten Kerinci, masing-masing berhasil mendapatkan award dalam Rakornas TPKAD tahun 2020.

Kepala OJK Provinsi Jambi, Endang Nuryadin didampingi Kasubag Pengawasan Bank, Novian Suhardi mengatakan, dalam hasil Rakornas TPKAD tahun 2020 menghasilkan beberapa poin penting, pertama menjelaskan roadmap TPKAD tahun 2020 hingga tahun 2025 mendatang, bagaimana nantinya angka inklusi keuangan ditahun 2024 dapat mencapai 90 persen, artinya dari 100 orang penduduk, 90 orang pemduduk telah memiliki tabungan pada lembaga keuangan.

Karena TPKAD  merupakan forum sinergi pihak-pihak pemangku kepentingan terkait Bank Indonesia (BI), OJK, pemda, akademisi, Industri Jasa Keuangan (IJK) baik bank maupun non bank, pasar modal.

Bahkan ditahun 2021 mendatang, guna menjauhkan masyarakat dari rentenir, perbankan dalam hal ini Bank Jambi telah membuat program Credit Anti Rentenir (CAR).

"TPKAD yang pada awalnya terbentuk adalah TPKAD Provinsi Jambi, yang terbentuk tahun 2016 dan TPKAD Kabupaten Kerinci yang terbentuk tahun 2017, saat itu pelaksanaan belum maksimal. Secara bertahap 2 TPKAD tersebut kami maksimalkan, hingga akhirnya mendapatkan award dalam Rakornas TKAD tahun 2020," kata Endang Nuryadin didampingi Kasubbag Pengawasan Perbankan Novian Suhardi Senin (14/12/2020) lalu.

Baca juga: Tim Haris-Sani Sebut Dapatkan Suara 35 Persen di Sarolangun, Pleno di KPU Sarolangun Tak Ada Masalah

Baca juga: Tim Sukses Cagub Provinsi Jambi 2020 Jalani Sidang Pelanggaran Pemilu di PN Jambi 

Baca juga: Disdik Sungai Penuh Siapkan Segala Sesuatu untuk Sekolah Tatap Muka

Dikatakannya, bagaimana forum yang tergabung dalam TPKAD baik ditingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, untuk meningkatkan akses keuangan khususnya UMKM, agar dalam membantu UMKM ini Mudah, Murah dan Cepat.

Beberapa program TPKAD diperlukan akses keuangan, dan untuk Provinsi Jambi Ketua Pokja Keuangan adalah Dirut Bank Jambi Dr. H. Yunsak El Halcon, SH.,MSi. Salah saru tugas perluasan akses keuangan adalah bagaimana kredit atau pembiayaan melawan rentenir.

TPKAD Provinsi Jambi melalui Bank Jambi memiliki Kredit Tuntas 2021, dengan skema pembiayaan Mudah, Murah dan Cepat.

"Ini adalah sinergi Pemprov Jambi, Bank Jambi dan OJK Provinsi Jambi. Kredit Tuntas 2021 artinya pinjaman kredit Rp. 2 juta dalam jangka waktu 1 tahun dan bunga hanya 3 persen selama 3 tahun, ini berlaku bagi UMKM. Selain itu Bank Jambi pun kami minta untuk memperbanyak agen Laku Pandai, sebagai perpanjangan tangan bank dipelosok desa," terangnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved