Citizen Journalism

Gubernur Jambi 2021-2024 Cek Endra  Atau Al Haris

Agaknya mesin partai politik tidak maksimal bergerak. Serta paslon ini baru terwujud pada saat-saat terakhir menjelang pendaftaran

Editor: Deddy Rachmawan
Istimewa
Prof Abdul Bari Azed, Guru Besar FH UI, Ketua Prodi Magister Hukum Unversitas Batanghari 

Oleh Abdul Bari Azed *

WARGA  Jambi dalam hari-hari ini serta minggu depan harap-harap cemas. Terlebih lagi pasangan calon nomor 1 Cek Endra-Ratu Munawaroh serta pasangan calon nomor urut 3  Al Haris-Abdullah Sani.

Siapa yang unggul dalam Pilkada Gubernur Jambi dimana pemungutan suara sudah berlangsung dengan relatif aman dan lancar pada hari Rabu 9 Desember 2020 yang baru lalu.

Dalam hitungan cepat dari lembaga survei Puspoll Indonesia pasangan CE-Ratu memperoleh 38,39 persen,paslon nomor 3   Al Haris-Abdullah Sani memperoleh 37,02 persen, sedangkan pasangan nomor urut 2 Fachrori Umar-Syafril Nursal memperoleh 24,59 persen.

Sedangkan lembaga survei yang lain LSI mengungguli pasangan calon Haris-Sani 38,83 persen, sedangkan pasangan calon CE-Ratu 36,88 persen,serta paslon Fachrori Umar-Syafril Nursal 24,29 persen.

Kedua pasangan ini saling mengeklaim bahwa merekalah yang unggul dalam pemilihan Gubernur Jambi.

Sedangkan pasangan nomor urut 2 yang juga petahana Fachrori Umar-Syafril Nursal harus legowo dan ini disampaikan pula oleh Gubernur Fachrori Umar yang mulai aktif minggu lalu menyatakan legowo dan menerima hasil pilgub Jambi.

Pasangan calon FU-SN yang didukung oleh partai besar Gerindra dan Demokrat yang tidak berhasil menang.

Agaknya mesin partai politik tidak maksimal bergerak. Serta paslon ini baru terwujud pada saat-saat terakhir menjelang pendaftaran bakal calon yang sebelumnya Fachrori berniat berpasangan dengan Syafrial  Bupati Tanjung Jabung Barat yang kader PDIP.

Terhadap hasil hitung cepat sebagaimana yang diuraikan diatas,dimana masing-masing paslon menyatakan dirinya sebagai pemenang,dan eloknya kita tunggu saja hasil rekapitulasi dan pleno KPUD Provinsi Jambi yang berlangsung tanggal 26 Desember mendatang.

Tetapi dari data real count KPUD Provinsi Jambi  dengan suara masuk 56,61 persen atau 4.062 TPS dari 8.236 TPS, pada tanggal 11 Desember 2020 pukul 21.04 WIB,pasangan Haris-Sani  masih unggul dengan perolehan 38,8 persen, CE- Ratu 37,7 persen dan Fachrori Umar -Syafril Nursal 23,6 persen.

Siapa CE dan Ratu.

Sambil menunggu hasil akhir dari pleno KPUD Provinsi Jambi ada baiknya kita mengenai siapa sosok Cek Endra dan Ratu Munawaroh. Cek Endra dilahirkan di Mandiangin pada tanggal 17 Maret 1958 (62 th).Menempun pendidikan di Yogyakarta.

Dia memulai karir sebagai pegawai PT Tugu Pratama,anak perusahaan BUMN Pertamina bergerak dibidang asuransi,kemudian dia berwirausaha di Jakarta.Pada tahun 2006 dia balek ke kampung Mandiangin dan berpasangan dengan Hasan Basri Agus (HBA) sebagai Bupati Sarolangun dan Wakil Bupati Sarolangun. dan karena HBA terpilih sebagai Gubernur Jambi,dia melanjutkan sisa jabatan selanjutnya dia berhasil dua periode sebagai Bupati Saralangun, 2011-2016,dan 2017-2023.

Baca juga: Tingkat Partisipasi Masyarakat Muarojambi di Pilgub Jambi Menurun, Covid-19 Salah Satu Faktornya

Baca juga: UPDATE Hasil Pilgub Jambi 2020 Pukul 06.00 WIB di pilkada2020.kpu.go.id Suara 90,82%

Baca juga: VIDEO Kisah Relawan Pilkada di Sarolangun, Antar Logistik Jalan Kaki, Habiskan 12 Jam Pulang Pergi

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved