Breaking News:

Pilkada di Jambi

PPK Tanjabbar Mulai Lakukan Rekapitulasi di Tingkat Kecamatan

Semua PPK se Kabupaten Tanjung Jabung Barat mulai melakukan rekapitulasi suara Pilkada tingkat Kecamatan, Jumat (11/12).

Samsul bahri
Ketua KPU Kabupaten Tanjabbar, Hairuddin 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL-Semua PPK se Kabupaten Tanjung Jabung Barat mulai melakukan rekapitulasi suara Pilkada tingkat Kecamatan, Jumat (11/12).

Pelaksanaan rekapitulasi tingkat kecamatan ini dilaksanakan selama tiga hari yakni dimulai 11 Desember-13 Desember 2020 mendatang. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Tanjabbar, Hairuddin. Ia menyebutkan bahwa tahapan penghitungan rekapitulasi suara di tingkatan Kecamatan merupakan tahapan setelah dilaksanakannya Pilkada Rabu, 9 Desember lalu. 

"Tahapan setelah pilkada ini di lakukan rekapitulasi suara di tingkat Kecamatan. Jadi satu persatu kotak suara dari masing-masing TPS dibuka dan dilakukan penghitungan ulang," sebutnya.

Baca juga: KPU Tanjabbar Klaim Pelaksanaan Pilkada Telah Menerapkan Protokol Kesehatan

Baca juga: VIDEO: BOS Telor di Kota Jambi Tinggalkan Uang Belasan Juta di Mobil di Selincah, 2 Pria Ditangkap

Baca juga: Tips Cara Memilih Smartphone Dambaan Sesuai Kebutuhan, Liat spesifikasi ponselnya!

Dijelaskan Hairuddin bahwa pelaksanaan ini di lakukan selama tiga hari, hal ini juga mengingat jumlah TPS di Kabupaten Tanjabbar yang cukup banyak. Ada 670 TPS di Kabupaten Tanjabbar yang tersebar di 13 Kecamatan yang ada. 

Di sisi lain, soal penghitungan cepat kata Hairuddin Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang telah keluar, kata Hairuddin Sirekap berbasis aplikasi itu hanya sebagai alat bantu petugas KPPS dalam merekap hasil suara. Sehingga hasil yang ditampilkan di laman https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkp bukanlah hasil resmi penghitungan suara. 

"Jadi tetap kita mengacu pada penghitungan suara berdasarkan tahapan pilkada yang kita lakukan. Sirekap berbasis aplikasi itu sebagai alat bantu petugas KPPS dalam merekap hasil suara,"pungkasnya

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Nani Rachmaini
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved