Breaking News:

Berita CPNS Kerinci

Kerinci Masih Kekurangan Guru PNS, Adirozal: Seleksi Terbuka Bagi Honorer dan Lulusan PPG

Dari tahun ke tahun, persoalan kekurangan tenaga guru masih menjadi momok bagi dunia pendidikan di Kabupaten Kerinci.

Tribunmadura.com
Ilustrasi PNS 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Dari tahun ke tahun, persoalan kekurangan tenaga guru masih menjadi momok bagi dunia pendidikan di Kabupaten Kerinci.

Saat ini Kabupaten Kerinci kekurangan ratusan guru. Hal tersebut dikarenakan, hampir ratusan guru yang pensiun setiap tahunnya.

Hal ini disampaikan Bupati Kerinci, Adirozal dalam sambutannya pada upacara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020 dan Hari Ulang Tahun PGRI ke 75 di lapangan tenis Pemkab Kerinci, Rabu (25/11/2020) kemarin.

Ia mengatakan sampai saat ini pemerintah kabupaten kerinci masih banyak kekurangan guru atau tenaga pelajar, ini disebabkan banyaknya guru yang pensiun.

"Banyak surat yang masuk ke meja saya, kebanyakan yang saya tandatangan adalah surat pensiun guru. Seingat saya dalam dua tahun terakhir ini kurang lebih 100 orang guru di Kerinci yang pensiun," kata Bupati Kerinci, Adirozal.

Baca juga: VIDEO: Kumpulan Momen Legendaris Maradona, Mulai Gol Piala Dunia 1986, Dewa Naples, Pele Kehilangan

Baca juga: Diperkirakan Vaksin Covid-19 Sudah Ada di Jambi Awal 2021

Baca juga: Harga HP Samsung November 2020 - Galaxy A51 Rp 4 Juta, Galaxy S20, Galaxy M31, Galaxy M21 Rp 2 Juta

Sementara itu, lanjut orang nomor satu di Kabupaten Kerinci ini, untuk pengangkatan guru CPNS tetap harus mengikuti aturan dari Pemerintah Pusat.

Meskipun demikian, namun pada tahun 2021 mendatang, pemerintah Pusat membuka kesempatan bagi para guru honorer, termasuk guru tenaga honorer kategori 2 (eks-THK-2), untuk mendaftar dan mengikuti ujian seleksi menjadi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021. 

"Seleksi ini terbuka bagi guru honorer yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar," jelas Bupati Adirozal.

Bupati Kerinci dua periode ini menyebutkan mudah - mudahan seleksi menjadi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 yang dilakukan oleh pemerintah pusat, kabupaten kerinci mendapat jatah yang lumayan. 

"Dengan adanya seleksi PPPK ini bisa menutupi kekuranga guru di Kerinci, meskipun gajinya tidak sama dengan guru PNS," pungkasnya.

Halaman
123
Penulis: Herupitra
Editor: Nani Rachmaini
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved