Breaking News:

Berita Tanjab Timur

Terekam CCTV, Polres Tanjabtim Mengamankan Seorang Terduga Pembakaran Lahan di Dendang

Kapolres Tanjabtim, AKBP Deden Nurhidayatullah saat diwawancara sejumlah awak media mengatakan, tersangka tersebut diamankan di lokasi pembakaran laha

Tribunjambi/Abdullah Usman
AKBP Deden Nurhidayatullah, Kapolres Tanjabtim. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Polres Tanjabtim mengamankan satu orang pelaku pembakaran lahan di Kecamatan Dendang, Jumat (6/11/2020).

Kapolres Tanjabtim, AKBP Deden Nurhidayatullah saat diwawancara sejumlah awak media mengatakan, tersangka tersebut diamankan di lokasi pembakaran lahan di SK 1 Desa Jati Mulyo Kecamatan Dendang.

Pelaku berinisial (KW) yang melakukan pembakaran di kawasan lahan miliknya sendiri yang diduga dibakar dengan sengaja. Saat ini proses penyidikan sedang berjalan dan sedang didalami.

Baca juga: Siapa Ayah Winda Earl, Pemegang Perusahaan Dibidang Produk Elastis, Sampai Pakaian Militer

Baca juga: BREAKING NEWS DPO Kasus Korupsi WFC Kota Namlea Maluku Ditangkap di Jambi

Baca juga: Prancis-Inggris Beri Selamat ke Biden, Penghitungan Suara Mengarah Pemerintahan Trump Kedua

"Luasan lahan yang terbakar seluas 1,5 hektare dengan barang bukti berupa korek api dan alat penyulut api," ujar Kapolres, Rabu (11/11/2020).

"Saat ini pelaku telah diamankan di Polsek Dendang," tambahnya.

Kronologisnya Kapolres menceritakan, berawal dari laporan hasil pantauan Asap Digital dari kamera CCTV yang melakukan monitoring munculnya titik hotspot di seluruh Kabupaten Tanjabtim khususnya dan di Provinsi Jambi umumnya.

"Dari situ kita diinformasikan bahwasanya ada terjadi kebakaran lahan di wilayah Kabupaten Tanjabtim. Setelah kita cek koordinatnya, ternyata berada di Kecamatan Dendang," sebutnya.

Kemudian, pihaknya langsung bergerak cepat mengirim pasukan yang dalam hal ini tim gabungan TNI, Polri, BPBD, Tagana dan Manggala Agni. Dengan sigap melakukan pemadaman, dan pada pukul 17.00 WIB sudah dilakukan pendinginan.

"Untuk motif pelaku saat ini masih kita dalami untuk proses lebih lanjut," terangnya.

Atas kejadian tersebut, Kapolres Tanjabtim mengimbau kepada masyarakat Tanjabtim, jangan lagi coba-coba membuka lahan dengan cara membakar, karena pasti akan terpantau dan termonitor. Pasalnya, setiap menara tower atau tiang tower lainnya, pasti ada kamera CCTV yang memantau.

"Dimana pun titik apinya pasti akan ketahuan. Jika terdeteksi, maka akan langsung dilaporkan ke Polda Jambi, dan Posko Koman Center akan memberitahukan ke Polres di Setiap daerah. Untuk itu, masyarakat harus hati-hati untuk membuka lahan dengan membakar," pungkasnya.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved