Panjang Runway Bandara Sultan Thaha Bertambah Jadi 2602 X 45 M, Bisa Maksimal Angkut Kargo

Perpanjangan Runway Bandar Udara Sultan Thaha Jambi yang sebelumnya 2220 x 45 M menjadi 2602 X 45 M dan dinyatakan laik untuk di operasikan.

Penulis: Vira Ramadhani | Editor: Rahimin
tribunjambi/vira ramadhani
Pesawat akan mendarat di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi. Runway bandara sebelumnya 2220 x 45 M menjadi 2602 X 45 M dan dinyatakan laik untuk di operasikan. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Vira Ramadhani

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Republik Indonesia sebagai regulator telah melakukan kalibrasi fasilitas alat bantu Visual pada Perpanjangan Runway Bandar Udara Sultan Thaha Jambi yang sebelumnya 2220 x 45 M menjadi 2602 X 45 M dan dinyatakan laik untuk di operasikan.

PT Angkasa Pura II ( Pesero) Kantor Cabang Bandar Udara Sultan Thaha Jambi sebagai operator bandar udara berharap dengan penambahan panjang Runway ini dapat melayani penumpang pesawat lebih baik lagi kedepannya.

Perpanjangan Runway menjadi 2602 X 45 M dapat memaksimalkan kapasitas pesawat menjadi 100% yang sebelumnya pada kondisi normal hanya 80%.

Baca juga: Curi Besi Pencetak Polongan, 3 Tukang Gali Sumur di Jambi Ditangkap Polisi, Ngaku Kesulitan Ekonomi

Baca juga: Pilpres AS 2020 Pecahkan Rekor Gemilang, Joe Biden Hampir Menang, Suaranya Melebihi Barack Obama

Baca juga: Gejala Awal Penyakit Diabetes - Sering Haus, Penglihatan Buram, Kesemutan dan Muncul Bercak di Kulit

Bahkan pada saat cuaca hujan, pesawat di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi hanya diperbolehkan terbang dengan Kapasitas 70 % dari _Maximum Take Of Weight_ (MTOW).

Indra Gunawan selaku Executive General Manager Bandara Sultan Thaha menjelaskan, perpanjangan Runway Bandara Sultan Thaha Jambi sepanjang 2.602 x 45 ini sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan nomor 621 tahun 2012 tentang Rencana Induk Bandara Sultan Thaha Jambi, selain dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pada saat take off dan landing.

Pesawat Lion Air saat parkir di Bandara Sultan Thaha Jambi.
Pesawat Lion Air saat parkir di Bandara Sultan Thaha Jambi. (TRIBUN JAMBI/FITRI AMALIA)

“Selain itu, diharapkan juga dapat menumbuhkan ekonomi Jambi semakin mengeliat dengan dapat mengangkut kargo secara maksimal,” ujarnya (6/11/2020)

Indra menambahkan, perpanjangan runway dinilai juga memberikan dampak positif bagi pelaku Bisnis Di Provinsi Jambi.

“Berdasarkan data dari PT Angkasa Pura II ( Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Sultan Thaha Jambi bahwa penumpang ke Provinisi Jambi masih didominasi dengan tujuan bisnis,” katanya.

Baca juga: Rizieq Shihab Tiba di Indonesia Harus Karantina 14 Hari, Bagaimana Rencana Menikahkan Putrinya?

Baca juga: Donald Trump Marah Besar Gubernur Pennsylvania Dituding Curang Dukung Biden: Lihat yang Akan Terjadi

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 6 November 2020 Di Pegadaian, Harga Emas Antam Ukuran 2 gram Rp 1.977.000

Selain Panjang Runway bertambah menjadi 2602 X 45 M Bandar Udara Sultan Thaha Jambi juga telah dilengkapi alat bantu pendaratan atau _Instrument Landing System (ILS)_ yang dapat membantu pilot dalam melakukan pendaratan pesawat Udara pada kondisi cuaca buruk. 

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved