Breaking News:

Berita Tanjabtim

Disdik Siapkan Muatan Lokal Tentang Jalur Rempah Nusantara Untuk Peserta Didik di Tanjabtim

Membuka tabir jalur rempah Nusantara BPCB sebut peran Dinas Pendidikan juga cukup berpengaruh selain dari sektor budaya dan wisata

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/ABDULLAH USMAN
Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jambi BPCB Dr. Agus Widiatmoko 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Membuka tabir jalur rempah Nusantara BPCB sebut peran Dinas Pendidikan juga cukup berpengaruh selain dari sektor budaya dan wisata, Rabu (4/11/2020).

Dikatakan Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jambi  BPCB Dr. Agus Widiatmoko saat kegiatan FGD dalam persiapan jalur rempah Nusantara di Tanjabtim, selain dari sektor pariwisata sektor pendidikan juga memiliki peran penting.

Pasalnya para pemuda ataupun anak didik juga harus perlu tahu lebih dalam, terkait wilayah kelahiran mereka atau wilayah tempat mereka menimba ilmu. 

Sehingga harapannya ke depan timbul rasa penasaran yang tinggi untuk mengetahui dan mendalami terkait budaya yang ada di tempat mereka.

Baca juga: Promo Indomaret Hari Ini 4 November 2020, Susu Anak, Beragam Bumbu, Personal Care, Popok, Beras, DLL

Baca juga: Gas 3 Kg Langka dan Mahal di Merangin, Pertamina Sebut Warga Terlalu Panik, Pangkalan Nakal Disorot

Baca juga: Donald Trump Habis Kena Sindir, Petahana Disebut Tak Pantas Mengatakan Pemilu AS Curang

"Untuk itu saat ini kita perlu membangun karakter mereka, sehingga mereka tidak hanya tahu melainkan juga mereka bisa merasa bangga dan peduli akan warisan kebudayaan yang ada," jelasnya.

Dengan penanaman karakter melalui jalur rempah ini melalui pembelajaran muatan lokal dalam pembelajaran, diharapkan timbul rasa keingintahuan dan juga kreatifan mereka untuk melakukan hal yang lebih baik dari yang telah ada saat ini dan terinspirasi untuk melakukan hal hal yang baru. 

Dan yang terakhir dari OPD terkait, peran mereka juga sangat penting untuk mensukseskan program jalur rempah ini.

Sehingga menjadi benar-benar bermanfaat dan bernilai bagi masyarakat.

"Intinya melalui jalur rempah ini bukan sekedar membuat event tercatat di dunia, melainkan menjadi sebuah inspirasi dan pandangan bagi pemuda kita untuk termotivasi berkreasi," pungkasnya. 

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim Junaidi Rahmad, mengatakan melalui hasil FGD yang dilakukan pada hari lalu memang ada kaitannya dengan kurikulum muatan lokal terhadap pelajar atau siswa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved