Saat Ganjar Dapat Kado Istimewa di Hari Ulang Tahun Dari Mantan Napi Teroris, Isinya Buat Tersenyum

Sri Puji Mulyo Siswanto mantan narapidana teroris yang juga perwakilan dari Yayasan Persadani Jateng memberi kado istimewa pada Ganjar

Editor: Rahimin
KOMPAS.com/pemprov jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menerima kado ulang tahun bendera merah putih saat peringatan sumpah pemuda, Rabu (28/10/2020). 

TRIBUNJAMBI.COM - Sri Puji Mulyo Siswanto mantan narapidana teroris yang juga perwakilan dari Yayasan Persadani Jateng memberi kado istimewa pada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar mendapatkan kado spesial di hari ulang tahunnya tepat pada saat Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020).

Saat dibuka, kado yang dibungkus dengan kardus berwarna emas itu rupanya berisi Bendera Merah Putih. Ganjar pun langsung tersenyum sembari menepuk pundak Sri Puji dan mengucapkan terima kasih.

Baca juga: Megawati Marah, Dia dan Jokowi Selalu Dibilang PKI, Ayah dan Ibu Saya Pahlawan Kemerdekaan RI

Baca juga: Hotman Paris Masih Sering Tertipu Wanita Cantik, Padahal Pengacara Kondang dan Dikelilingi Kaum Hawa

Baca juga: Sayangkan Adanya Demo, Megawati: Apa Sumbangsihnya Generasi Milenial, Masa Hanya Demo Saja

"Surprise sekali saya mendapat kado ini. Menarik ya, karena kita menemukan saudara-saudara kita yang pernah tersesat dan mereka kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. Hari ini mereka sudah melakukan aktivitas untuk berbagi pengalaman, cerita bagaimana nilai-nilai kemanusiaan, kebangsaan penting untuk dijaga," kata Ganjar sebelum mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda yang digelar virtual di Gedung Gradhika.

Ganjar juga menyampaikan pesan dari para eks napiter ini pada masyarakat agar selalu berhati-hati. apabila ada orang yang mengajak untuk merusak dan memecah belah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Tribunnews/Irwan Rismawan)

"Kami bangga banyak anak bangsa yang kembali sadar. Kami harapkan mereka menjadi juru bicara untuk mengampanyekan bagaimana berbangsa, bernegara, dan berpancasila. Kami juga akan mendampingi, akan kami bantu agar mereka bisa kembali bermasyarakat dan melakukan usaha," ucap Ganjar.

Eks napiter yang pernah enam tahun dipenjara karena menyembunyikan Noordin M Top dan Dr Azhari ini sengaja memberikan kado Bendera Merah Putih kepada Ganjar yang genap berusia 52 tahun.

Bendera berukuran 40x60 cm itu dijahit sendiri oleh para eks Napiter di Yayasan Persadani.

Baca juga: Ganjar Menguat di Bursa Capres 2024, PKS Nilai Prabowo dan Anies Tidak Bermain di Ceruk Jokowi

Baca juga: 1000 Bendera Merah Putih Dikibarkan di Watu Gendong di Hari Sumpah Pemuda, Simbol Menjaga Persatuan

Baca juga: Megawati Marah Lihat Kader PDI-P Duduk Nyanyikan Lagu Indonesia Raya, Enak Saja Duduk, Gimana Sih

"Kami ingin memberikan sesuatu pada Pak Ganjar di hari bahagia ini. Kami ingin memberikan simbol pada Pak Ganjar selaku bapak kami di Jawa Tengah, bahwa ini loh ada warga bapak yang dulunya 'nakal', sekarang sudah kembali ke NKRI. Kami ingin memberikan kontribusi pada negara khususnya Pemprov Jateng untuk bisa bersinergi dengan program-program yang ada di Jateng," tuturnya.

Warga Genuk, Kota Semarang ini mengaku awal terlibat terorisme karena rasa empati melihat saudara-saudara sesama muslim yang dizalimi. Karena perasaan emosional yang tidak terkendali, lambat laun dia masuk ke jaringan tersebut.

"Kami berharap pak Ganjar bisa menjadi teladan bagi pejabat lain untuk bisa merangkul khususnya kami sebagai teman-teman eks Napiter. Karena dengan cara itu akan lebih efektif menyadarkan mereka. Dan saya pesan pada kawan-kawan yang masih menjadi teroris, coba buka ruang diskusi dan dialog, karena dengan itu pasti akan ada solusi," tutupnya.

Baca juga: Kekesalan Megawati Sampai Sekarang Dituduh Sebagai PKI, Masa Presiden Kelima RI Dibilang PKI

Selain dari eks napiter tersebut, Ganjar juga mendapatkan kado istimewa di antaranya dari Olivia dan Regina, dua bocah SD yang pernah menyumbangkan celengannya untuk penanganan Covid-19, kado dari Oma-oma Yayasan Katolik, dan suara merdu dari difabel asal Rembang, Clarissa Kusumaning.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berulang Tahun, Ganjar Dapat Kado Spesial dari Eks Napi Teroris, Isinya...

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved