Breaking News:

Pelaku Sumpah Pemuda Kwee Thiam Hong: Kalau Soekarno Pidato Semua Diam

Menurut Kwee Thiam Hong, anggota Jong Sumatranen Bond, setiap kali Soekarno pidato, yang mendengarkan bisa diam semua.

net/nationalgeographic.grid.id
Presiden Soekarno saat berpidato. 

TRIBUNJAMBI.COM - Pelaku Sumpah Pemuda, Kwee Thiam Hong, sempat mengenang kepiawaian pidato Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, semasa perjuangan kemerdekaan.

Ir Soekarno yang akrab disapa Bung Karno adalah tokoh yang selalu ditunggu-tunggu pidatonya. Menurut Kwee Thiam Hong, anggota Jong Sumatranen Bond, setiap kali Soekarno pidato, yang mendengarkan bisa diam semua.

Kalau mulai ribut, Bung Karno bilang, "Hei, kamu, diam! Diam! Diam!" Kwee Thiam Hong menirukan sambil menunjuk ke arah yang berbeda.

Kwee Thiam Hong alias Daud Budiman adalah pelaku Sumpah Pemuda. Kwee Thiam Hong adalah keturunan China. Tetapi, semangat Sumpah Pemuda dalam rangka memupuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sangat berkobar-kobar.

Hasil perjuangan tokoh-tokoh pemuda, kini setiap 28 Oktober bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Momentum sumpah pemuda menyatukan semangat satu nusa, satu bangsa. Para pemuda menjunjung satu bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Tepatnya 28 Oktober 1928.

Peristiwa sejarah itu dikenal sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sejarah sumpah pemuda bagian dari catatan penting tentang kelahiran Indonesia.

Berikut ini ada beberapa kutipan pidato Soekarno yang mampu membakar semangat pemuda, dikutip dari tribunbatam.com;

1. "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia."

2. "Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam."

Halaman
1234
Editor: Sulistiono
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved