Breaking News:

Perwira Polisi Kurir Sabu

Mabes Polri Nilai Kompol IZ Pantas Diganjar Hukuman mati, Ditembak Saat Ditangkap Bawa Sabu 16 Kg

Kompol IZ mantan Kasie Identifikasi Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau, Kompol IZ, pantas diganjar hukuman mati.

Istimewa
Detik-detik penangkapan oknum perwira polisi dan seorang rekan sesama kurir sabu di Jalan Soekarno Hatta, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (23/10/2020) malam sekitar pukul 19.00 WIB. 

TRIBUNJAMBI.COM - Kompol IZ mantan Kasie Identifikasi Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau, Kompol IZ, pantas diganjar hukuman mati.

Mabes Polri menilai Kompol IZ pantas diganjar hukuman mati karena menjadi kurir narkoba.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono menuturkan, hal itu sesuai dengan komitmen pimpinan Polri dalam memberantas peredaran narkoba. Termasuk, menindak anggota kepolisian yang terlibat.

"Komitmen Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis sangat jelas dan tegas. Anggota yang terlibat harus dihukum mati karena sebenarnya dia tahu Undang-Undang dan dia tahu hukum," kata Argo melalui keterangan tertulis, Sabtu (24/10/2020).

Baca juga: Gegara Utang Bisnis Ayam Rp 100 Juta Eko Nekat Habis Kerabat Jokowi, Dibunuh dan Dibakar Dalam Mobil

Baca juga: Kekhawatiran Syahrini dengan Bentuk Badannya Kini Diungkap, Penampilan Istri Reino Barack Disorot!

Baca juga: Kompol IZ, Anggota Ditreskrimum Polda Riau Terancam Hukuman Mati, Ditembak Saat Bawa 16 Kg Sabu

Adapun IZ ditangkap saat membawa sabu sebanyak 16 kilogram. Penangkapan dilakukan di Jalan Soekarno Hatta, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (23/10/2020).

Selain itu, Kompol IZ juga terancam dipecat dari anggota kepolisian apabila dinyatakan terbukti bersalah oleh majelis hakim nanti.

Untuk itu, Argo mengatakan, pihaknya menunggu putusan pengadilan untuk memproses kelanjutan pemecatan Kompol IZ. "Kita tunggu hasil vonisnya seperti apa," ucapnya.

Argo pun mengingatkan seluruh anggota Polri yang lain agar tidak menjadi pengguna maupun sindikat pengedar narkoba.

"Jangan coba-coba memakai apalagi menjadi bandar. Pimpinan Polri tidak akan menolerir. Hukumannya mati," tutur dia.

Diberitakan, Kompol IZ ditembak saat tertangkap membawa 16 kilogram sabu di Jalan Soekarno Hatta, Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (23/10/2020).

Pelaku ditembak karena melarikan diri dengan menggunakan mobil bersama seorang rekan sesama kurir sabu berinisial HW (52). Polisi saat itu memberondong mobil pelaku dengan senjata api. Akibatnya, oknum tersebut tertembak di bagian lengan dan punggung.

Baca juga: Fachrori Umar Pilih Prinsip Kejujuran Jalankan Roda Pemerintahan, Pengalaman Jadi Wakil HBA dan Zola

Baca juga: Emosi Dewi Perssik Meledak Usai Dihujat Netizen Gara-gara Ini: Tolong Bersosial Media yang Smart!

Baca juga: Tangis Adik Lina Jubaedah Tak Terbendung,Mendadak Beri Pesan ke Nathalie Holscher akan Dinikahi Sule

"Mobil tersangka terus berupaya kabur hingga menabrak beberapa kendaraan lain," kata Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi kepada wartawan, Sabtu.

Oknum perwira polisi tersebut saat ini menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau. Sedangkan pelaku HW, mengalami luka sobek di kepala akibat benturan dalam mobil saat kabur.

Baca juga: 30 Anggota Bareskrim Tangkap Gus Nur Saat Sedang Bekam, Petugas Menolak Disuruh Duduk di Teras Rumah

Atas tindakannya, Agung mengatakan, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Tersangka diancam hukuman mati atau penjara paling lama 20 tahun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kompol IZ Jadi Kurir Narkoba di Riau, Mabes Polri: Ancamannya Hukuman Mati", 

Editor: Rahimin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved