Breaking News:

Karhutla di Limun Sarolangun

BREAKING NEWS: Oknum Bakar Lahan Setengah Hektare di Limun, Helikopter Diterjunkan Ikut Padamkan Api

Terjadi kebakaran lahan di kecamatan, Limun Desa Berkun dengan luas yang terbakar kurang lebih setengah hektare

Penulis: Rifani Halim | Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Terjadi kebakaran lahan di kecamatan, Limun Desa Berkun dengan luas yang terbakar kurang lebih setengah hektare di kebun milik warga, pada sore hari sekitar 17:00 WIB, Selasa kemarin (14/10/2020). 

Oknum Bakar Lahan Setengah Hektare di Limun, Helikopter Diterjunkan Ikut Padamkan Api

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Terjadi kebakaran lahan di kecamatan, Limun Desa Berkun dengan luas yang terbakar kurang lebih setengah hektare di kebun milik warga, pada sore hari sekitar 17:00 WIB, Selasa kemarin (14/10/2020).

Yen Aswadi, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun mengatakan, api tersebut terpantau dari CCTV yang dipasang di tower di Kecamatan Limun, api padamkan oleh helikopter dari Jambi.

"Kami turun ke lapangan kemaren mengecek bahwa api tidak terlalu besar, hanya warga sedang melakukan panduk-an (membersihkan lahan), namun hal itu tetap tidak diperbolehkan," tegas Yen Aswadi saat ditemui di kantornya, Kamis (15/10/2020).

“Berdasarkan hasil penelusuran kami, ini sengaja dibakar."

"Tujuannya pemilik lahan ingin memperluas area kebunnya, tapi sudah kami minta kepada yang bersangkutan untuk memadamkan apinya,” ungkapnya.

Menurutnya, tindakan ini tetap melanggar hukum.

Karena perbuatan membakar hutan, kebun dan lahan dengan sengaja untuk kepentingan apapun dilarang oleh undang-undang.

“Kepada yang bersangkutan sudah kami berikan edukasi bahwa perbuatannya bisa melanggar hukum, dan syukurnya yang bersangkutan bisa memahami, jadi saat ini belum ada masalah,” sambungnya.

Terkait pelangaran yang di lakukan oleh oknum pembakaran lahan tersebut, Yen Aswadi menjelaskan bahwa terkait hukuman dan penyelidikan, silahkan tanyakan pada pihak kepolisian Sarolangun.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved