Breaking News:

Kerjanya Rumit, Perbaikan Jembatan Aurduri I Segera Dilakukan, Kementerian PUPR Siapkan Rp 19 Miliar

Pihak Kementrian PUPR telah menyiapkan anggaran sebesar Rp19 miliar untuk perbaikan jembatan Aurduri I.

Tribunjambi.com/Zulkifli
Jembatan Aurduri I/Batanghari I akan segera diperbaiki dalam waktu dekat 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Perbaikan jembatan Aurduri I segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Pihak Kementrian PUPR telah menyiapkan anggaran sebesar Rp19 miliar untuk perbaikan jembatan tersebut.

Diketahui jembatan penghubung Jalan Lintas Timur Sumatera wilayah Kota Jambi dan wilayah seberang Kota Jambi tersebut rusak bagian atas dan bawah. Tiang pondasi diketahui mengalami korosi dan kropos.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah IV Jambi Kementrin PUPR, Bosar H Pasaribu mengatakan, pekerjaan perbaikan jembatan tersebut sudah teken kontrak. Bahkan sebagian pekerjaan bagian atas sudah dikerjakan.

"Untuk pondasi yang di muka air ke atas sudah kita scrab atau kupas dan dibersihkan, metodenya itu pertama diketok dan terakhir disandblasting atau ditembak pakai pasir supaya bersih," ujarnya.

Naryo Dijemput Polisi Gara-gara Dititipi Bayi, Ternyata Hasil Penculikan di Jambi

Diguyur Hujan Sejak Pagi, Desa Talang Kemuning Kerinci Diterjang Banjir Bandang

VIDEO Detik-detik Banjir Bandang di Sukabumi Seret Mobil, 2 Orang Dikabarkan Hilang

Sementara untuk tiang pondasi bagian bawah yang terendam air, akan diperbaiki dengan cara terlebih dahulu membuat pelindung di sekeliling tiang supaya air tidak masuk agar orang bisa masuk bekerja di bawah.

"Minggu depan kìta uji coba, jadi akan dilindungi airnya. Di pasang baja di sekitar tiang, air terlindungi orang bisa masuk kerja di dalam. Makanya saya bilang tadi itu, pekerjaan ini unik, tidak banyak dikerjakan orang," katanya.

Pekerjaan jembatan inipun berpacu dengan banjir. Jika tinggi muka air semakin tinggi maka pekerjaanya akan semakin rumit. "Perkiraan kalau akhir November air baru naik maka akan tekejar untuk selesai. Tolong didoain lah supaya banjirnya tidak cepat naik," sebut Bosar.

Munurut Bosar, pada saat pekerjaan di bagian bawah, tidak akan mengganggu kativitas lalu lintas di atas jembatan. Lalu lintas kendaraan tetap akan berjalan normal.

"Jadi sudah dihitung sama konsultan itu, kalau kita kerja di bawah tetap aman. Tapi kan tiang boleh diganggu itu satu-satu. Kita kan nanti main las, selama pengelasan teorinya terjadi pelemahan. Oleh karena itu yang boleh melemah hanya satu," jelasnya.

Namun pada saat perbaikan bagian atas Jembatan seperti pengaspalan lantai, maka akan diatur jadwal, akan dikerjakan pada saat-saat lalu lintas sepi. "Nanti kita survey jadwalnya, dan dikerjakan dalam waktu cepat," sambungnya.

Selain itu, pada saat pengerjaan bagian atas jembatan ini, akan terjadi pemadaman listrik di wilayah seberang Kota. Sebab jaringan listrik penghubung ke sebrang ada terpasang di Jembatan.

"Nanti kita akan koordinasi dengan PLN seperti apa strateginya," pungakasnya.

Penulis: Zulkipli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved