Breaking News:

Pilkada di Jambi

KPU Sebut Masih Ada Waktu Sebulan untuk Perbaiki DPS Jelang Pilkada Jambi

Hingga saat ini tecatat angka Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Provinsi Jambi sebanyak 2.419.858 jiwa.

Tribunjambi/Hendro
Pilkada serentak 2020. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Hingga saat ini tecatat angka Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Provinsi Jambi sebanyak 2.419.858 jiwa. Jika dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres tahun lalu, data ini masih kurang sekitar 9 persen.

Dikatakan Apnizal Komisioner KPU Provinsi Jambi bahwa DPS yang tercatat saat ini masih sementara. Masih ada waktu hingga 16 Oktober nanti untuk memperbaiki data hingga menjadi DPT pada Pilkada Jambi 2020 ini.

Menurut Apnizal memang terjadi perbedaan regulasi antara Pilkada Jambi tahun ini dengan Pilpres tahun lalu. Misalnya regulasi tentang wilayah tempat tinggal, warga yang meninggal, pindah penduduk, TNI Polri, dan lainnya.

“Artinya kita masih terus memperbaiki data hingga 16 Oktober nanti. Data DPT Pilpres ini juga diambil dari Mendagri yang diserahkan ke KPU. Bukan DPT yang langsung jadi dari data KPU,” ujar Apnizal, Kamis (17/9).

Berebut Suara di Kota Jambi, Al Haris, Fachrori dan Cek Endra Adu Program di Pilkada Jambi

Pilkada Jambi, Cek Endra Janjikan Bantuan Dana Rp 200 Juta untuk Kesejahteraan Nelayan Tanjab Barat

Kesempatan Bagi Milenial, Al Haris Siapkan Ini Jika Jadi Gubernur Jambi

Apnizal mencontohkan bila warga Provinsi Jambi pindah ke luar Provinsi Jambi, maka datanya akan otomatis Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Namun jika pindah masih di dalam wilayah Provinsi Jambi, maka masih tetap bisa memilih.

“Syaratnya dengan mengurus pindah memilih beberapa hari sebelum proses pemilu. Atau jika sudah terdaftar di wilayah tempat memilih maka cukup dengan membawa KTP elektronik atau Surat Keterangan,” katanya.

Meski demikian, data ini bisa saja dimanfaatkan untuk migrasi pemilih. Terutama bila posisinya di daerah perbatasan (Rawan susupan pemilih siluman).

Namun hal ini ditepis oleh Apnizal Menurutnya jika disetiap wilayah saling mengawasi, maka pemilu akan berlangsung dengan jujur dan adil.(Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved