Breaking News:

Berita Kerinci

Warga Dua Kecamatan Baru di Kerinci Sudah Bisa Ubah Data Kependudukan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kerinci saat ini sudah bisa memberikan pelayanan bagi warga yang sebelumnya sempat terkendala ka

Tribunjambi/Heru
Suasana di kantor Dukcapil Kerinci. 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Warga di dua kecamatan baru hasil pemekaran di Kabupaten Kerinci, yakni Kecamatan Tanah Cogok dan Kecamatan Danau Kerinci Barat sudah bisa ubah data kependudukan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kerinci saat ini sudah bisa memberikan pelayanan bagi warga yang sebelumnya sempat terkendala karena minimnya ketersediaan blanko e-KTP.

Kepala Dinas Dukcapil Kerinci, Nafritman mengatakan, untuk merubah data kependudukan bagi warga yang berada di dua kecamatan baru tersebut, harus berdasarkan permintaan warga yang bersangkutan.

Download Lagu MP3 Sholawat Gambus Nissa Sabyan dan Video Religi Habib Syech Terbaru 2020

Donasi Covid-19 Terkumpul Rp 760 Juta, Bakal Diberikan ke Warga Jambi yang Kuliah di Luar Negeri

Habis Makan Minum Air Es Ternyata Berbahaya, Ini Deretan Dampak Bagi Kesehatan

Sementara pihak dinas tidak memiliki wewenang untuk merubah data secara langsung. Meskipun pihak dinas memegang data warga yang berada di dua kecamatan tersebut.

"Disamping itu dalam proses perubahan data nantinya, data kependudukan asli yang lama baik itu berupa Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus ditarik kembali," kata Nafritman, Kamis (28/8/2020).

Ditambahkan Nafritman, untuk mengejar target penerbitan data kependudukan, seharusnya Disdukcapil Kabupaten Kerinci bisa mengoperasikan mobil pelayanan keliling yang dana operasionalnya sudah dianggarkan.

Akan tetapi karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 yang tidak memperbolehkan melaksanakan kegiatan yang mengumpulkan massa, maka untuk sementara waktu mobil pelayanan hanya difungsikan di kantor.

Untuk membantu memberikan pelayanan kepada masyarakat serta mempermudah dalam menerapan protokol kesehatan bagi warga yang mengurus data kependudukan bisa datang secara langsung ke kantor Disdukcapil Kabupaten Kerinci.

"Untuk itu kita menghimbau bagi warga yang ingin mengurus data kependudukan agar bisa langsung mendatangi kantor Disdukcapil tanpa harus melalui calo," tutup Nafritman.

Penulis: heru
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved