Breaking News:

Positif Corona Jambi Tambah

Donasi Covid-19 Terkumpul Rp 760 Juta, Bakal Diberikan ke Warga Jambi yang Kuliah di Luar Negeri

Dana yang terkumpul dari donasi masyarakat untuk penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi ini sendiri sebesar Rp 760 juta. Dana tersebut tersimpan dalam

Tribunjambi/Zulkifli
Kepala Inspektorat Provinsi Jambi, Kailani 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi berencana menyalurkan dana donasi yang dikumpulkan dari masyarakat untuk penanganan Covid-19 kepada warga Jambi yang kuliah di luar negeri, seperti di Mesir dan Sudan.

Dana yang terkumpul dari donasi masyarakat untuk penanganan Covid-19 di Provinsi Jambi ini sendiri sebesar Rp 760 juta. Dana tersebut tersimpan dalam rekening khusus yang disiapkan tim gugus.

Terkait hal itu Kepala Inspektorat Provinsi Jambi, Kailani mengatakan pihaknya belum menerima review terkait penggunaan anggaran dana donasi masyarakat tersebut dari Pemprov Jambi maupun dari tim gugus.

Tega! Hanya Karena Menasehati Putrinya, Ibu 51 Tahun di Jambi Timur Malah Disiram Air Mendidih

Bisnis Kakek dari Suami Dian Sastro, dari Bos Pertamina ke Aqua, Pantas Kaya Raya

8 Jenis Sayuran Ramah Ginjal, Mencegah Penyakit Berat Seperti Diabetes, Ginjal, & Antibiotik Alami

"Biasanya sebelum disalurkan pasti melapor kepada kita untuk review," kata Kailani.

Lanjut Kailani, pihaknya berencana akan mengundang tim anggaran pemerintah daerah Provinsi Jambi untuk sharing dan mengingat agar penggunaan anggaran dilakukan secara transfaran, akuntabel, serta tepat sasaran.

Ditanya, apakah dana donasi tersebut disalurkan kepada mahasiswa Jambi di luar negeri sudah tepat guna. Kailani menjelaskan harus terlebih dahulu diidentifikasi apakah masuk keriteria kebutuhan urgen dan mendesar di lokasi wabah.

"Makanya nanti harus ada identifikasi agar tidak terjadi belanja yang sesuatu yang sebenarnya tidak prioritas. Wajibnya kan berarti di daerah wabah, di mana warga itu menyumbang. Jadi ada ke patutan yang harus ditaati," jelas Kailani.

Diberitakan sebelumnya Pj Sekda Provinsi Jambi Sudirman dalam rapat tim gugus tugas Covid-19 Provinsi Jambi beberapa waktu lalu menyebut, dana yang masuk ke rekening tim gugus dari masyarakat sebesar Rp 760 juta.

Penyaluran donasi ini akan diberikan kepada mahasiswa Jambi di luar negeri, dan masih menunggu SK Gubernur Jambi.

"Sudah kita tindak lanjuti, Pergubnya sudah kita bahas tinggal ditandatangani pak Gubernur," ujar Sudirman.

Selaim untuk para mahasiswa Jambi yang kuliah di Sudan dan Suriah. Pendistribusian dana donasi ini juga rencananya akan diberikan kepada para Petran.

"Kalau kami merencanakan yang mahasiswa Sudan Mesir, kita alokasikan masing-masing mahasiswa Rp 1 juta. Datanya sudah terferivikasi, kalau SK gubernurnya sudah ditandatangani maka bisa segera kita tindaklanjuti," jelas Sekda.

Penulis: Zulkipli
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved