Breaking News:

Makanan dan Minuman Penurun Asam Urat

Kondisi itu biasanya akan diikuti juga dengan terbentuknya tofus atau endapan kristal urat di persendian, yang dapat menyebabkan peradangan sendi

freepik
Ilustrasi asam urat 

TRIBUNJAMBI.COM - Gout atau sering disebut penyakit asam urat adalah suatu penyakit akibat metabolisme purin yang tidak normal.

Sesuai namanya, penyakit asam urat ditandai dengan meningkatnya kadar asam urat dalam darah.

Kondisi itu biasanya akan diikuti juga dengan terbentuknya tofus atau endapan kristal urat di persendian, yang dapat menyebabkan peradangan sendi terutama pada jari jari, pergelangan kaki, tangan, dan lutut.

Jika kadar asam urat dalam darah tak juga dikendalikan, serangan penyakit asam urat berupa rasa nyeri dapat kambuh sewaktu, sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Disindir Ruhut Sitompul Setelah Dipecat, Jawaban Refly Harun Menohok, Coba Kalau Rugi?

Catat! 16 September Ujian SKB CPNS Tanjabtim Dimulai

Maka dari itu, penting bagi para penderita penyakit gout untuk dapat mengontrol kadar asam urat dalam darah demi kesehatan.

Diet berupa konsumsi makanan penurun asam urat bisa menjadi pilihan untuk meredakan keluhan.

Berikut ini adalah ragam makanan penurun asam urat yang layak dicoba:

Buah kersen atau talok.
Buah kersen atau talok. (Herbal Plants)

1. Buah ceri

Melansir Medical News Today, penelitian awal menunjukkan bahwa ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat, terutama pada orang dengan riwayat penyakit ini sebelumnya.

Sebuah studi pada 2012 terhadap 633 orang dengan asam urat menemukan bahwa makan ceri selama 2 hari dapat menurunkan risiko serangan asam urat sebesar 35 persen dibandingkan dengan tidak makan ceri.

Halaman
1234
Editor: suci
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved