Breaking News:

Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI Resmi Diluncurkan, Ini Penampakannya

Peluncuran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia dilaksanakan secara langsung melalui livestreaming di tiga kanal media sosial yakni

ist
Uang peringatan kemerdekaan 75 tahun. 

TRIBUNJAMBI.COM - Sebagai wujud syukur atas anugerah kemerdekaan sekaligus memperingati HUT RI ke 75, pemerintah bersama Bank Indonesia meluncurkan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia dengan nominal Rp 75.000.

Peluncuran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia dilaksanakan secara langsung melalui livestreaming di tiga kanal media sosial yakni YouTube, Facebook, dan Instagram Bank Indonesia

Peluncuran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini, Senin (17/8/2020).

Sugiono Malah Tewas Tenggelam Saat Selamatkan Anak dan Keponakan Yang Terseret Ombak di Pantai

Ukir Sejarah Baru, Detik-detik Proklamasi Dilakukan di Pantai Timur Sumatera Bersama Nelayan

Haico VDV Sangat Anggun dengan Paras Pertiwi, Ini Kata Pemeran Cinta Soal Ikut Ajang Kecantikan

Dalam kata sambutannya Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang Rupiah, mata uang Rupiah ditempatkan sebagai salah satu simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan oleh seluruh warga negara Republik Indonesia, oleh karena itu Rupiah ditetapkan sebagai uang negara kesatuan Republik Indonesia atau uang NKRI.

Perencanaan serta penentuan jumlah Rupiah yang dicetak khususnya untuk pengeluaran uang peringatan kemerdekaan atau UPK 75 tahun Republik Indonesia telah melalui koordinasi yang baik antara berbagai pihak, seperti Bank Indonesia kementerian keuangan, Kementerian Sosial, Kementerian sekretaris negara, dan para ahli waris pahlawan.

"Pengeluaran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia juga telah melalui berbagai perencanaan matang yang dilakukan sejak tahun 2018," kata Sri Mulyani.

Dia juga menegaskan, pengeluaran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia bukan pencetakan uang baru yang ditunjukkan untuk peredaran secara bebas dan tersedia di masyarakat.

Uang tersebut juga bukan sebagai tambahan likuiditas, pembiayaan atau pelaksanaan kegiatan ekonomi, namun peluncuran uang Rupiah khusus tersebut dilakukan di dalam rangka untuk memperingati peristiwa atau tujuan khusus yang dalam hal ini adalah peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 tahun.

"Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun kali ini dirayakan bersama-sama Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan untuk menerbitkan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia, mata uang berbentuk uang kertas pecahan nominal Rp75.000, dengan jumlah lembar yang dicetak sebanyak 75 juta yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan selaku Wakil pemerintah dan Gubernur Bank Indonesia sebagai bentuk wujud syukur kita atas anugerah kemerdekaan, dan pencapaian pencapaian yang telah kita lakukan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia," ujarnya.

Maka pengeluaran uang Rupiah khusus dalam rangka peringatan 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia bertepatan dengan tanggal 17 Agustus tahun 2020.

Halaman
123
Penulis: fitri
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved