Breaking News:

Human Interest Story

Menyambangi Kampung Merah Putih dan Hutan Bambu Desa Baru Semerah Kerinci

Kedatangan kami ke desa ini, karena rasa penasaran untuk melihat kampung merah putih dan wisata hutan bambu yang viral di media sosial.

Tribunjambi/Heru
Kampung Merah Putih di Desa Baru Semerah, Kerinci. 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Senin 17 Agustus 2020 bertepatan dengan HUT RI ke-75, kami datang berkujung ke Desa Baru Semerah, Kecamatan Tanah Cogok, Kabupaten Kerinci.

Kedatangan kami ke desa ini, karena rasa penasaran untuk melihat kampung merah putih dan wisata hutan bambu yang viral di media sosial.

Tepat pukul 08.00 WIB pagi, kami sampai di gerbang masuk Desa Baru Semerah. Suasananya langsung terasa berbeda. Mata dihadapkan dengan pemandangan merah putih yang membentang panjang bak naga raksasa.

Walaupun Sederhana, Sejumlah SAD di Merangin ini Tetap Kibarkan Bendera Merah Putih

Download Lagu MP3 DJ Remix 24 Jam Full Bass, Ada Video Nonstop dari DJ Breakbeat, DJ Tiktok, DJ Opus

Kapolda, Danrem dan Gubernur Jambi Kunjungi Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Pemandangan tersebut, adalah pernak pernik yang dibuat oleh warga, untuk menghiasi semua lorong desa dengan konsep warna merah putih, untuk memeriahkan HUT RI ke-75.

Mulai dari umbul-umbul, liontin, berbagai ukiran, bunga, bahkan layangan dan hiasan lainnya yang ditopang oleh bambu, membentang hampir sepanjang dua kilometer membelah desa.

Menariknya, pernak-pernik ini dibuat dari bahan daur ulang limbah plastik, seperti botol bekas, keras sisa layangan, dan juga kresek bekas ibu-ibu pembungkus barang sepulang dari pasar. Semua tertata indah dan rapi.

Kampung Merah Putih di Kerinci.
Wisata Hutan Bambu

Untuk menjaga keamanan dan kebersihan pengunjung, warga sengaja memajang galon sebagai tempat pencuci tangan di depan pintu pagar rumah.

“Setiap rumah wajib menyediakan tempat cuci tangan di halaman rumah, untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Ketua BPD Baru Semerah, M Ikhasan, yang ditemui di kantor desa.

Agar pernak-pernik ini terlihat semakin indah ketika malam hari, warga secara swadaya memasang lampu warna warni disepanjang lorong. Setidaknya ada empat gerbang unik yang dibangun warga untuk menghiasi desa mereka.

Semuanya dibuat dengan konsep yang berbeda, sesuai karakter masyarakat tiga dusun yang ada di Desa Baru Semerah. Tidak mengherankan, Desa Baru Semerah dalam beberapa hari belakangan, ramai didatangi warga tetangga.

Halaman
123
Penulis: heru
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved