Breaking News:

Penerbangan QG 964 rute Cengkareng - Jambi Sempat Delay, Ini Klarifikasi dari Citilink

Citilink melakukan langkah inisiatif dengan segera mengganti pesawat tersebut dengan pesawat pengganti sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
tribunjambi/wahyu herliyanto
Pesawat Citilink 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Citilink memberikan klarifikasi terkait kejadian terkait penerbangan QG 964 rute Cengkareng - Jambi tanggal 11 Agustus 2020. Klarifikasi disampaikan melalui Humas PT Angkasa Pura II Jambi. Berikut isi dari klarifikasi dari pihak Citilink.

Dikutip dari VP Corporate Secretary & CSR Citilink, Resty Kusandarina penerbangan QG 964 rute Cengkareng - Jambi semula dijadwalkan berangkat pada tanggal 11 Agustus 2020 pukul 11.00 WIB. Kemudian Pesawat mengalami kendala teknis sehingga segera dilakukan pengecekan pada pesawat demi alasan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Citilink melakukan langkah inisiatif dengan segera mengganti pesawat tersebut dengan pesawat pengganti sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Hati-hati! KPK Ingatkan Jangan Salah Gunakan Dana Bansos untuk Pilkada

Selama 1 Tahun Menyamar Jadi Pedagang Durian, Anggota Kopassus Ini Sukses Obrak-abrik Markas GAM

Pemkot Jambi Kaji Pengurangan Titik Keramaian, Kabag Humas: Minggu Depan Rampung

Citilink telah melaksanakan prosedur delay management sesuai dengan PM No. 89 tahun 2015 dengan memberikan kompensasi berupa makanan ringan dan minuman kepada seluruh penumpang yang terdampak. Petugas Citilink juga telah memberikan penjelasan kepada penumpang yang ada dalam penerbangan tersebut dan penumpang dapat menerima penjelasan yang diberikan dengan baik.

"Penumpang QG 964 telah diberangkatkan kembali ke Jambi dengan pesawat pengganti pada tanggal 11 Agustus 2020 pukul 13.08 WIB dan saat ini telah tiba di Jambi dengan selamat," ujarnya.

"Citilink berkomitmen untuk mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan. Oleh karena itu, keputusan untuk melakukan pergantian pesawat merupakan keputusan yang tepat. Kami selalu berupaya mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan."

Sebelumnya jagat maya sempat dihebohkan dengan beredarnya video di media sosial penumpang pesawat Citilink nomor penerbangan QG 964 dari bandara Soekarno Hatta Jakarta tujuan Jambi, Selasa (11/8/2020) menolak untuk berangkat karena mesin pesawat mati mendadak saat masih boarding.

Dalam video yang berdurasi 2 menit 21 detik ini, memperlihatkan penumpang panik. "Citilink rusak, penumpang tidak boleh turun," ujar salah satu penumpang dalam video yang beredar.

Seharusnya jadwal landing penerbangan Citilink nomor penerbangan QG 964 di Jambi sekitar pukul 12.15 WIB dan akhirnya pesawat tersebut landing di Bandara Sultan Thaha Jambi pada pukul 14.30 WIB.

Menanggapi hal tersebut Eksekutif General Manager (EGM) Bandara Sultan Thaha Jambi Indra Gunawan juga belum bisa banyak berkomentar. Dia juga menyampaikan, bahwa penumpang Citilink nomor penerbangan QG 964 telah sampai dengan selamat.

Pihak Angkasa Pura II Jambi juga telah berkoordinasi dengan pihak maskapai Citilink di Jambi dan mereka juga masih menunggu rilis resmi dari pusat.

"Terkait kejadian QG 964 dari Jakarta ke Jambi memang ada kendala teknis namun secara detail atau kronologis kejadian kami masih menunggu rilis dari Citilink sendiri, kami belum dapat detail informasinya yang jelas itu kejadian masih di Jakarta dan bukan kewenangan kami menyampaikan rilis atau kronologi kejadian tersebut, pastinya kita fokus di Jambi sendiri untuk penumpang yang akan berangkat dari Jambi ke Jakarta yakni QG 964," jelasnya saat ditemui awak media, Selasa (11/8/2020).

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved