Breaking News:

Secara Mengejutkan! Kunjungan Wisatawan Asing ke Indonesia Terbanyak Berasal dari Timor Leste

Ternyata jumlah pengunjung wisata atau turis mancanegara ke Indonesia berasal dari Timor Leste

ISTIMEWA
Dua wisatawan menikmati liburan akhir tahun di Pulau Berhala, baru-baru ini. Meski ombak tinggi tak menyurutkan minat wisatawan berkunjung ke pulau yang saat ini berada di Provinsi Kepulauan Riau, ini. 

TRIBUNJAMBI.COM - Ternyata jumlah pengunjung wisata atau turis mancanegara ke Indonesia berasal dari Timor Leste 

Seperti diketahui sebagian besar negara masih menerapkan pembatasan untuk warganya bepergian ke luar negeri karena pandemi Covid-19

Hal ini pun berdampak langsung pada sektor pariwisata Indonesia . "Dampak pandemi Covid-19 di sektor pariwisata ini luar biasa dalamnya, dan ini sudah terjadi sejak Februari. Dan recovery-nya mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup panjang," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto saat live streaming YouTube BPS Statistics, Senin (3/8/2020).

Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis 8 Agustus 2020, Impian Cancer Kesampaian, Scorpio Buruan Kerja

Ia menuturkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada Juni 2020 sebesar 160.300 orang.

Jika dibandingkan bulan sebelumnya atau month to month yaitu Mei 2020, jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar 2,06 persen. Sementara itu, jika dilihat berdasarkan year on year, jumlah kunjungan wisman mengalami penurunan sebesar 88,82 persen.

Siap-siap Karyawan Swasta Bakal Dapat Bantuan dari Pemerintah Rp 600 Ribu/Per Bulan, Ini Syaratnya!

tribunnews
Lihat Foto Calon penumpang berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (9/7/2020). Meski penerbangan telah kembali dibuka dengan persyaratan seperti penumpang harus dengan memiliki hasil rapid atau PCR test negatif COVID-19, suasana di Bandara Soekarno Hatta masih terpantau sepi.(ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Terbanyak melalui pintu Bandara Soekarno-Hatta Selain itu, Suhariyanto juga melaporkan bahwa jumlah kunjungan wisman menurut pintu masuk pada Juni 2020.

Wisman yang masuk ke Indonesia terbanyak melalui Bandara Soekarno-Hatta. Laporan tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 130,13 persen dibandingkan bulan Mei 2020.

Menurutdia, jumlah ini menunjukkan tren positif dari adanya relaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang telah diterapkan pemerintah.

"Jumlah wisman mulai berdatangan, tapi posisinya masih jauh sekali dari posisi normal. Karena jika kita lihat pada bulan Juni 2019 yang lalu, jumlah wisman yang datang lewat Soekarno-Hatta jumlahnya 190.000, sekarang baru 9.100, tetapi yang saya ingin tunjukkan adalah sejak adanya relaksasi, mulai ada geliat wisman dan geliat transportasi meski catatannya masih jauh dari normal," jelasnya.

UPDATE CPNS 2019, BKN Sebut 17000 Formasi Berpeluang Kosong, Ini Alasannya!

tribunnews
Wisatawan mancanegara, Selasa (3/12/2019) diterima di Sanggar Bliran Sina, Kampung Watublapi, Kecamatan Hewokloan, kabupaten Sikka, Pulau Flores. (POS KUPANG/EUGINIUS MO'A)

Sementara itu, pergerakan wisman dari Bandara Juanda Juni 2020 mengalami peningkatan yang tinggi sebesar 708,33 persen, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Halaman
12
Editor: heri prihartono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved