Breaking News:

Komunitas Ralu Jambee, Menangkap Ular Tanpa Perlu Menyiksanya

Komunitas Ralu Jambee terbentuk pada 6 Januari 2020. Komunitas ini membantu menyelamatkan ular jika ditemukan di rumah warga.

Penulis: Nurlailis | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Nurlailis
Komunitas Ralu Jambee. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Komunitas Ralu Jambee terbentuk pada 6 Januari 2020. Komunitas ini membantu menyelamatkan ular jika ditemukan di rumah warga.

Ada 5 bidang dalam komunitas Ralu Jambee yaitu bidang konservasi dibagi menjadi penyelamatan, perawatan, pelestarian, bidang humas, bidang organisasi dan kaderisasi, bidang wirausaha, bidang penelitian dan keilmuan.

Biasanya penyelamatan ular berdasarkan laporan warga. Setelah ditangkap ular dirawat terlebih dahulu kemudian dilepaskan kembali.

Sektretaris Ralu Jambee, Boslan Tobing menjelaskan sebelum dirilis ular dilihat dulu kondisinya apakah bisa bertahan di alam atau tidak.

"Pemeriksaan ular menggunakan cara yang dipelajari otodidak. Biasanya kami rendam air sirih, endapkan ditempat gelap karena sifat ular penyembunyi sejati, lebih kurang selama tiga hari. Kalau setelah itu kondisinya baik maka kami rilis," ungkapnya.

Tak Perlu Panik Ular Masuk Rumah, Komunitas Ralu Jambee Bisa Bantu Warga

Ia menceritakan pernah menangkap ular di salah satu SD di Sulanjana. Ular tersebut tidak bisa langsung ditangkap dan membutuhkan waktu 3 hari untuk menangkapnya.

Berdasarkan laporan warga ular tersebut berwarna hitam putih, termasuk jenis ular yang berbahaya.

"Kebelutan saat ditemukan cuaca sedang hujan. Cuaca termasuk faktor penentu ular untuk keluar" ujarnya.

Ia mengatakan saat pemantauan juga memperhatikan waktu kapan ular makan, berjemur, sert cuaca yang mempengaruhi. Ralu Jambee juga melakukan patroli tiap hari.

Hasil tangkapan terbesar Ralu Jambee pernah menangkan ular berukuran 5,5 meter. Sampai saat ini belum dirilis karena kondisi ular yang hamil.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved