Breaking News:

Berita Muarojambi

Pentingnya Kartu Indentitas Anak, Ini Penjelasan Dukcapil Muarojambi

Untuk itu Kepala Dinas Dukcapil Muarojambi Zakaria mengatakan penting nya KIA untuk meningkatkan pendataan pelayanan publik, sebagai upaya memberikan

Tribunjambi/Hasbi
Zakaria selaku Kepala Dukcapil Muarojambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Kartu Identitas Anak (KIA) adalah identitas resmi anak yang berusia kurang dari 17 tahun yang belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Muarojambi sesuai domisili yang bersangkutan.

Untuk itu Kepala Dinas Dukcapil Muarojambi Zakaria mengatakan pentingnya KIA untuk meningkatkan pendataan pelayanan publik, sebagai upaya memberikan perlindungan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

"Upaya kita sudah menyurati setiap sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Muarojambi untuk membuat KIA seperti SMP, SMA secara kolektif mengurus ke Dukcapil, sebagian ada yang sudah dari itu kita akan kejar terus," sebut Zakaria, Senin (13/7/20).

Harkopnas ke-73, Bupati Masnah Bangga dengan Produk UMKM Koperasi Muarojambi

Antisipasi Karhutla di Jambi, Ternyata Tim Satgas Sudah Lakukan Hujan Buatan Sebanyak 18 Kali

BREAKING NEWS Dua Rumah Warga di Merlung Hangus Terbakar

Selain itu dirinya menyebut fungsi KIA sama seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk orang dewasa seperti untuk membuka rekening, dokumen perjalanan dan juga sebagai persyaratan masuk pendidikan lanjutan

"Membuat KIA itu gratis tidak dipungut biaya, untuk persyaratannya itu adalah Kartu Keluarga (KK) Surat Nikah orang tua, dan KTP kedua orang tua, dan Akte kelahiran yang bersangkutan," sebutnya.

Ditambahkannya, bagi anak yang umurnya di bawah 5 tahun itu tidak perlu menggunakan Fhoto, jika umur anak di atas 5 tahun hingga 17 tahun kurang sehari itu memerlukan pas fhoto 2x3 dua lembar.

"Untuk orang tua bawah persyaratan di atas tersebut, silahkan sampaikan ke kami akan kami proses secepatnya," tutupnya.

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved