Breaking News:

Antisipasi Karhutla di Jambi, Ternyata Tim Satgas Sudah Lakukan Hujan Buatan Sebanyak 18 Kali

“Yang sudah di jalankan itu sudah delapan belas kali, jadi beberapa hujan yang terjadi saat ini sebagian menggunakan TMC,” kata dia, usai melakukan...

Tribunjambi/Zulkifli
Rapat tim satgas di posko karhutla Provinsi Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Tim Satgas Karhutla Provinsi Jambi ternyata telah melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan di beberapa wilayah yang rawan karhutla, khusunya lahan gambut sebagai upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi.

Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI M Zulkifli mengatakan, untuk saat ini meski hujan masih terjadi di beberapa wilayah yang ada di Provinsi Jambi, sedikitnya ada hujan buatan untuk membuat lahan gambut menjadi basah, hal tersebuat dilakukan sebagai bentuk pencegahan terjadinya karhutla.

“Yang sudah di jalankan itu sudah delapan belas kali, jadi beberapa hujan yang terjadi saat ini sebagian menggunakan TMC,” kata dia, usai melakukan rapat koordinasi karhutla di BPBD Provinsi Jambi, Senin (13/7/2020).

VIDEO Artis FTV HH Terlibat Prostitusi, Penyewanya Karyawan Swasta, Info dari Muncikari Jakarta

BREAKING NEWS Dua Rumah Warga di Merlung Hangus Terbakar

Viral Pemain FTV Inisial HH! Nama Hana Saraswati Eks Anak Langit Disebut, Begini Reaksinya.

Lanjutnya, upaya hujan buatan tersebut dilakukan di tiga kabupaten yang memiliki kerawan lebih tinggi di daerah lain, yakni Kabupaten Tanjab Timur, Kabupaten Tanjab Barat dan Kabupaten Muarojambi.

"Ini menjadi prioritas kita untuk mencegah,” tambahnya.

Pembasahan lahan gambut tersebut untuk mengurangi adanya karhutla, kata Zulkifli, jika gambut tersebut dalam keadaan basah, maka akan sulit terbakar, sehingga jika terlihat api kecil, maka dengan mudah akan dipadamkan.

“Sekarang tim kita juga akan melakukan sosialisasi, nantinya kita akan terjun langsung ke lokasi untuk meninjau kondisi di lapangan seperti kesediaan air dan kanal,” sebutnya.

Sementara itu, pihaknya juga akan panggil semua perusahaan sawit yang ada di Provinsi Jambi untuk komunikasi mereka kesiapan dalam penanganan hutan.

Disamping itu saat ini satgas karhutla juga telah mengusulkan dua helikopter ke pusat untuk pemadaman.

“Helikopter patroli dan water bombing sedang kita siapkan, tinggal menunggu saja, biasanya mereka melihat perkembangan di sini seperti apa,” ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Zulkifli
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved