Breaking News:

Berita Bungo

Anggota Dewan Bungo Minta BUMD Dibekukan, Ini Alasannya

Darwandi, ketua komisi III DPRD Bungo menyebutkan pembekuan ini diminta karena banyaknya persoalan pada tubuh BUMD. Mulai dari persoalan gaji...

Tribunjambi/Mareza
Komisi I DPRD Bungo Adakan Pertemuan, Bahas Dugaan Asusila yang Dilakukan Rio Dusun Sekar Mengkuang. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABUNGO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bungo meminta Pemerintah Kabupaten Bungo untuk membekukan sementara Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau PT Bungo Dani Mandiri Utama (BDMU).

Darwandi, ketua komisi III DPRD Bungo menyebutkan pembekuan ini diminta karena banyaknya persoalan pada tubuh BUMD. Mulai dari persoalan gaji karyawan, sampai aset banyak tidak jelas.

"Saya rasa persoalan pada BUMD ini sudah komplit. Laporan keuangan mereka juga selalu merugi. Untuk itu kami meminta untuk dibekukan dulu. Nanti kami akan membentuk pansus ," ucap Darwandi, Kamis (2/7/2020).

Kerap Timbul Permasalahan Siswa Titipan dalam PPDB, Ini Tanggapan Dinas Pendidikan Sarolangun

Blak-blakan Mojok Politik Tribun Jambi, Mau Berapa Partai? Siapa yang Paling Berpeluang?

Pertemuan Pertama BCL dan Ashraf Sinclair Ternyata di Moment Wawancara, Salah Sebut Citra Jadi Cinta

Hal senada juga disampaikan oleh Dharmawan, mantan anggota DPRD Bungo. Saat menjabat sebagai wakil rakyat periode lalu ia sudah menyorot BUMD yang selalu merugi. Padahal, sudah banyak pernyataan modal yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bungo.

"Dari dulu saya sudah sering menyorot ini. Salah satunya adalah tentang aset taxi bandara. Mobilnya entah dimana saat ini. Pendapatannya juga belum jelas. Makanya BUMD ini harus di audit ," sebutnya.

Jika nantinya terbukti ada korupsi, lanjut Dharmawan, maka pihaknya meminta untuk diproses secara hukum. Karna uang negara yang digunakan harus jelas pengelolaannya.

"Usahanya banyak, tapi gaji karyawan sampai empat bulan tidak terbayarkan. Kemana saja penghasilnya selama ini. Makanya perlu diaudit. Siapa tahu ada penyimpangan," tutupnya.

Untuk diketahui, belasan karyawan yang bekerja di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bungo mendatangi kantor Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Rabu (1/7/2020) lalu.

Kedatangan karyawan dibawah naungan PT. Bungo Dani Mandiri Utama (BDMU) ini untuk mengajukan pengaduan terkait adanya hak mereka yang belum dibayarkan oleh PT BDMU hingga saat ini.

Karyawan ini mengaku gaji mereka belum dibayar oleh perusahaan selama empat bulan terakhir, yakni bulan Maret, April, Mei dan Juni 2020. Untuk itu mereka berharap adanya jalan penyelesaian dari dinas Sosnakertran.

Halaman
12
Penulis: Darwin Sijabat
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved