Breaking News:

Berantas Korupsi di Indonesia, Firli Bilang KPK Sangat Membutuhkan Polri

Ketua KPK Firli mengatakan, KPK sangat membutuhkan peran Polri dalam upaya memberantas korupsi.

Editor: Rahimin
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPK Firli Bahuri 

TRIBUNJAMBI.COM - Memberantas korupsi di Indonesia, butuh kerja sama semua pihak.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-74 atau Hari Ulang Tahun ke-74 Polri yang jatuh pada Rabu (1/7/2020). 

Firli mengatakan, KPK sangat membutuhkan peran Polri dalam upaya memberantas korupsi.

"Peran serta dan sinergitas seluruh elemen bangsa khususnya lembaga penegak hukum di negeri ini, termasuk dari Korps Bhayangkara, jelas sangat dibutuhkan KPK," kata Firli dalam siaran pers, Rabu.

Zuraida, Otak Pembunuhan Hakim di Medan Yang Tak Lain Suaminya Sendiri, Akhirnya Divonis Mati

BREAKING NEWS Tiga Hari Kabur Pelaku Pembacokan di Tanjabtim Diringkus Polisi di Sebuah Gubuk

Mahabi Perkosa Anak Teman Lalu Habisi, Pembunuhan Sadis Siswi di Sarolangun

Firli menuturkan, KPK tidak dapat berdiri sendiri dalam menjalankan fungsi, tugas, dan kewajibannya sebagai lembaga pemberantas korupsi.

"Ibarat pepatah menegakkan benang basah, berbicara perihal penegakan hukum khususnya pemberantasan korupsi, KPK tentunya tak dapat berdiri sendiri namun perlu bersinergi dengan aparat penegak hukum yang lainnya," ujar Firli.

Ketua KPK Firli Bahuri menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan Tribunnews.com di gedung KPK, Jakarta, Selasa (21/1/2020). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPK Firli Bahuri menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan Tribunnews.com di gedung KPK, Jakarta, Selasa (21/1/2020). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Firli pun mengungkapkan bahwa KPK dan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis sudah menyepakati tiga fokus isu yang harus dikerjakan bersama, merujuk pada Perpres Nomor 54 tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.

Fokus pertama adalah sinergi KPK dalam tata niaga dan pelayanan publik, fokus kedua tentang pengelolaan negara, dan fokus ketiga terkait penegakan hukum dan reformasi birokrasi.

VIDEO Punya Rp 20 Juta Lebih Uang Palsu, Wanita Asal Malang Beli Emas Pakai Uang Palsu

Diduga Terlibat Narkoba, Anak Pejabat Tinggi Pemkab Karawang Dicokok Polisi

UPDATE Hingga Hari Ini Sudah 25.595 Orang Yang Berhasil Sembuh Dari Covid-19

Firli yang juga anggota Polri berpangkat komisaris jenderal itu menambahkan, peringatan Hari Bhayangkara perlu dimaknai dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Hari Bhayangkara seyogianya juga diisi dengan aksi pemberantasan korupsi, sebagai bentuk pengabdian diri kepada Ibu Pertiwi. Semoga semangat Hari Bhayangkara yang memiliki nilai-nilai suci penuh arti tanpa korupsi, selalu mewarnai tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Firli.

Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara pada tahun ini diselenggarakan berbeda seiring adanya pandemi Covid-19. Upacara yang biasanya diselenggarakan secara langsung atau tatap muka kini dilakukan secara virtual.

Upacara bertempat di Istana Negara, Jakarta, serta live streaming dari Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Para peringatan HUT Bhayangkara tahun ini, Polri mengusung tema Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Firli Sebut KPK Butuh Polri dalam Memberantas Korupsi", 

Kota Palembang Ditetapkan Lagi Jadi Zona Merah Covid-19, Angka Positif Corona Meningkat

Enam Mantan Pacar Laudya Cynthia Bella di Masa Lalu, Alasan Tak Pernah Sampai ke Pernikahan

6 Jabatan Eselon II di Bungo Diisi Pelaksana Tugas, Ini Alasan Lelang Jabatan Baru Dibuka 2021

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved