Berita Muarojambi

Anggaran Benih Padi Minim, Dinas TPH Muarojambi Terapkan Sistem Bergilir Penyaluran ke Petani

Dari pernyataan agar Pemerintah Kabupaten Muarojambi bisa mengangarkan alokasi dana untuk Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura bisa diprioritaskan.

ist
Ilustrasi sawah 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Muarojambi M Havis menanggapi atas penyampaian anggota DPRD Muarojambi Fraksi PAN Ulil Amri, sejalan apa yang disampaikannya.

Dari pernyataan agar Pemerintah Kabupaten Muarojambi bisa mengangarkan alokasi dana untuk Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura bisa diprioritaskan.

Dinas TPH memang mendapat alokasi anggaran yang sedikit, untuk memenuhi kebutuhan para petani jauh dari kata cukup.

DPRD Minta Pemkab Muarojambi Perbaikan Kualitas Perencanaan Penganggaran di Tiga OPD

Maia Estianty Sindir Soal Karma Kepada Al Ghazali yang Disebut Ngebet Kawin Muda: Ya Jangan Pacaran

Di Tengah Wacana Pengurangan PNS oleh Pemerintah Pusat, Pemkab Bungo Justru Kekurangan 3.000 PNS

M Havis mencontohkan pada tahun ini, Dinas TPH mendapat anggaran pembelian benih padi sebanyak 40 ton, sementara luas lahan tanaman padi sawah di Kabupaten Muarojambi lebih dari 9 ribu hektare, tentu ini tidak sebanding.

"Untuk satu hektare lahan sawah itu membutuhkan 25 kilogram benih padi, sementara kemampuan anggaran kita hanya segitu, jadi bagaimana bisa tercukupi kebutuhan benih bagi petani," jelasnya, Minggu (28/6/2020).

Untuk mensiasati menutupi kekurangan benih tersebut mereka terapkan bantuan benih padi dibagi sistem giliran, kelompok tani yang sudah dapat bantuan tahun ini digantikan lagi dengan kelompok yang belum dapat.

"Saat ini masyarakat Muarojambi sudah memasuki musim tanam, benih padi yang ada sudah kita salurkan dan alhamdulillah benih itu sudah habis ditanami oleh petani," tuturnya.

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved