Breaking News:

Daftar Nama Kapolri Dari Masa ke Masa, sejak 1946 Pangkat Komjen hingga Kini Pangkat Jenderal

Kala itu Kapolri masih berpangkat komisaris jenderal. Jabatan Kapolri pernah mengalami beberapa pergantian, baik hierarki dan nama jabatan.

KOMPAS/Hendranto
Kapolri Jenderal Pol Drs. Hoegeng Imam Santoso (kanan) bersama Rektor ITB Prof Dr. Dody Tisna Amidjaja hadir dalam sidang pertama dan kedua dan II kasus penembakan 6 Oktober 1970 di pengadilan Bandung, 1 Desember 1970. Dalam percakapan-percakapan selesai sidang, ia menginginkan agar orang yang bersalah dalam peristiwa 6 Oktober dihukum. 

TRIBUNJAMBI.COM - Berikut ini daftar Kapolri sejak 1945 hingga 2019, cek yang paling terkenal.

Pada 1 Juli 2020, Polri memperingati Hari Bhayangkara ke-74.

Tercatat sudah pernah ada 24 orang menjabat Kepala Kepolisian Republik Indonesia ( Kapolri).

Kapolri merupakan pejabat yang menjadi pimpinan tertinggi kepolisian.

Pertama kali Kapolri dijabat pada 29 September 1945, oleh Komisaris Jenderal Polisi Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo.

Kala itu Kapolri masih berpangkat komisaris jenderal.

Perubahan itu terjadi pada era:

  • Orde Lama
  • Orde Baru
  • Setelah reformasi

Sejarah jabatan Kapolri

Pada 19 Agustus 1945 Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) membentuk Badan Kepolisian Negara (BKN). Pada 29 September 1945 Presiden Soekarno melantik Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo menjadi Kepala Kepolisian Negara (KKN).

Awalnya kepolisian berada di bawah Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara. Itu hanya bertanggung jawab pada masalah administrasi, untuk masalah operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung.

Kemudian, mulai 1 Juli 1946, Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri.

Pada masa negara Republik Indonesia Serikat, Jawatan Kepolisian Negara Republik Indonesia Serikat (RIS) berada di bawah Perdana Menteri dengan perantaraan Jaksa Agung dalam bidang politik dan operasional. Sementara itu dalam hal pemeliharaan dan susunan administrasi bertanggungjawab kepada Menteri Dalam Negeri.

Halaman
1234
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved