Tanpa Ribet ke Kantor, Kemenag Tanjabtimur Buka Layanan Kirim Berkas Nikah Bisa Via Whatsapp

Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tanjung Jabung Timur di masa new normal saat ini memberikan kemudahan masyarakat dalam pelayanan

Tanpa Ribet ke Kantor, Kemenag Tanjabtimur Buka Layanan Kirim Berkas Nikah Bisa Via Whatsapp
TRIBUNJAMBI/ABDULLAH USMAN
Kemenag Tanjung Jabung Timur memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengurus pernikahan

Laporan Wartawan Tribunjmambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tanjung Jabung Timur di masa new normal saat ini memberikan kemudahan masyarakat dalam pelayanan. Satu diantaranya dengan program one stop service online.

Program berbasis sistem online ini, pertama dan satu satunya dilakukan di Provinsi Jambi. Hanya berlaku dimasa new normal saja, guna memudahkan masyarakat dalam mengurus berkas tanpa ribet harus ke kantor.

Di mana, masyarakat dapat mengajukan atau memohon berkas melalui sistem online, dengan menggunakan aplikasi whatsapp yang saat ini sudah familiar di kalangan masyarakat.

Telepon Korban dan Suruh Bermain Game di Warnet Simpang Pulai, Dua Pelaku Sikat Motor Scoopy Ghea

Rebutan Cewek Bokingan, Dua Kelompok Remaja di Merangin Tawuran

Daftar Terbaru, 7 Kabupaten Kota di Jambi Berstatus Daerah Dengan Risiko Rendah Penularan Covid-19

"Dalam program one stop service online sendiri, masyarakat dapat melakukan konsultasi pernikahan, pengiriman berkas nikah, video  bimbingan nikah virtual secara jauh dan semua melalui aplikasi whatsapp," jelasnya, Jumat (26/6/2020).

Namun, calon penganten hanya datang ke Kemenag, pada saat penyerahan berkas saja atau saat proses ijab kabul saja. Yang bisa dilakukan di KUA atau di rumah calon pengantin.

Selain itu, kemudahan lainnya bagi pasangan caten yang memproses pernikahan melalui program kemenag Tanjabtim ini setelah akad, pasangan akan langsung dapat berganti status di KTP dan KK baru.

"Kita juga berkoordinasi dengan dukcapil, jadi setelah nikah status di KTP caten tadi otomatis berubah setelah selesai ijab kabul dari lajang menjadi kawin. Tentunya dengan print KTP anyar," ujarnya.

"Tidak hanya KTP namun juga KK, dengan catatan masing masing caten merupakan sama sama  warga Tanjab Timur," sambungnya.

Sosok Ini Sudah Terawang Gisel dan Wijin Tak Bakal ke Pelaminan, Bakal Rujuk dengan Gading Marten?

Harapannya, dengan program ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat, terutama dalam mengurus atau melengkapi berkas mereka di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved