Ibadah Haji 2020 Dibatalkan, Ratusan Calon Jamaah Haji Kerinci Diminta Tetap Mempersiapkan Diri

320 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Kerinci yang akan berangkat pada 2020 dipastikan batal berangkat, akibat Pandemi Covid-19.

Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019
ILUSTRASI - Jemaah haji bertawaf di Masjidil dengan memakai payung pelindung panas akibat cuaca yang sangat panas di Makkah, Rabu (31/7/2019). Jemaah haji diimbau simpan energi jelang fase puncak haji. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - 320 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Kerinci yang akan berangkat pada 2020 dipastikan batal berangkat, akibat Pandemi Covid-19. Sebab, pemerintah sudah memutuskan tidak akan memberangkatkan calon jamaah haji.

Walau begitu, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kerinci meminta kepada seluruh calon jamaah haji agar tetap mempersiapkan diri dan menjaga kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Tanpa Ribet ke Kantor, Kemenag Tanjabtimur Buka Layanan Kirim Berkas Nikah Bisa Via Whatsapp

Daftar Terbaru, 7 Kabupaten Kota di Jambi Berstatus Daerah Dengan Risiko Rendah Penularan Covid-19

Sempat Disebut Sebagai Orang Ketiga, Desy Ratnasari Muncul dengan Kabar Gembira Soal Anaknya

“Kepada seluruh masyarakat terutama calon jamaah haji agar tetap bersabar dan mengambil hikmah atas kondisi yang terjadi saat ini. Karena keputusan yang diambil pemerintah demi kebaikan bersama. Untuk itu calon jamaah haji agar terus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya serta menjaga kesehatan, dan yang tidak berangkat di tahun ini diharapkan akan diberangkatkan di tahun depan,” kata Kakan Kemenag Kerinci, Hardiman, Kamis (25/6/2020).

Sebelumnya pemerintah masih menunggu keputusan pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Namun,  Kerajaan Arab Saudi telah melakukan karantina wilayah untuk menaggulangi penularan Covid-19, salah satunya yakni menutup akses jamaah haji dari negara manapun.

Terekam Kamera CCTV Dosen di Malang Dipegang Bagian Sensitifnya, Sang Anak Kini Alami Trauma

Jedun Kepergok Berbohong? Pamer Rumah Seharga Rp 42 Miliar, Terkuak Siapa Sang Pemilik Asli Rumah

Sosok Ini Sudah Terawang Gisel dan Wijin Tak Bakal ke Pelaminan, Bakal Rujuk dengan Gading Marten?

Sementara itu, disinggung terkait Arab Saudi adakah haji tahun ini dengan jamaah terbatas, Hardiman menjelaskan, berdasarkan informasi bahwa Arab Saudi akan mengadakan pelaksanaan ibadah haji tahun ini dengan jumlah terbatas, yaitu jamaah yang hanya berada di dalam negeri.

Pelaksanaan ibadah haji tersebut juga dilakukan dengan menerapkan langkah-langkah menjaga jarak.

“Keputusan itu diambil sehubungan dengan meningkatnya kasus Covid-19 diseluruh dunia, kurangnya vaksin dan kesulitan menjaga jarak sosial diantara sejumlah besar pengunjung Masjidil Haram yang datang dari luar negeri,” tutupnya.(*)

Penulis: heru
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved