Berita Tanjab Timur

Sekarang Pengantin Baru di Tanjabtim Usai Akad Bisa Langsung Punya Kartu Nikah

Kartu nikah yang merupakan program pemerintah untuk mempermudah pasangan dalam membawa catatan identitas telah menikah pada awal Maret 2020...

Tribunjambi/Abdullah Usman
Ilustrasi kartu nikah yang menjadi program pemerintah pusat. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Sempat terhenti percetakan kartu nikah akibat pandemi, saat ini calon pengantin yang baru menikah bisa langsung memperoleh kartu nikah di Kementerian Agama (Kemenag) Tanjabtim.

Kartu nikah yang merupakan program pemerintah pusat untuk mempermudah pasangan dalam membawa catatan identitas telah menikah pada awal Maret 2020, Kemenag Tanjabtim telah menerbitkan lebih dari 250 kartu nikah.

Kasi Bimas Islam Kemenag Tanjabtim, Aspendri, mengatakan saat ini pihaknya masih memiliki 200 keping stok blanko. Dimana pada dua bulan lalu pelaksanaan pernikahan ditunda dan otomatis cetak kartu juga di setop sementara.

Disbunnak Sebut Sawit Jadi Penopang Perekonomian Masyarakat Muarojambi Saat Pandemi, Ini Alasannya

Selain 13 Perusahaan Investasi, Pejabat OJK Juga Jadi Tersangka Korupsi Jiwasraya

Zumi Zola Trending Topik Usai Digugat Cerai Istri, Netizen Mengaitkan dengan Ayu Dewi, Karma?

"Akibatnya pada April ini hanya tercatat 89 perkara nikah dan cetak buku nikah, berbanding separuh dari bulan sebelumnya," ujarnya, Kamis (25/6/2020).

Dijelaskannya pula, 89 pernikahan yang tercatat pada April lalu merupakan pengajuan nikah pada Maret lalu (sebelum dilarang pelaksanaan nikah oleh pemerintah).

"Nah pada Mei ada dua lagi perkara nikah yang kita lakukan bersamaan dengan cetak buku nikah," ujarnya lagi.

Perkara nikah pada Mei tersebut dilakukan sebelum 30 April. Dimana pada tanggal tersebut pelaksanaan nikah masih dapat dilakukan, sehingga pada Mei hanya ada satu perkara nikah saja.

Untuk penambahan kartu nikah sendiri, Kemenag Tanjabtim mendapatkan tambahan 1.000 blangko kartu nikah sejak Maret lalu. Dimana kuota tersebut diprediksi dapat mencukupi untuk pelaksanaan pernikahan di masa new normal saat ini.

"Total dari Januari hingga saat ini ada 300an kartu nikah dicetak, memang sejak April hingga Mei terjadi penurunan angka pernikahan," pungkasnya.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved